Topic
Home / Berita / Daerah / Gubernur Sumbar: Kita Senang Dan Bangga Petani Sejahtera

Gubernur Sumbar: Kita Senang Dan Bangga Petani Sejahtera

Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja dan berdialog dengan kelompok Tani Usaha Bersama Nagari Bawan Kabupaten Agam, Minggu sore (23/3). - Foto: humas
Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja dan berdialog dengan kelompok Tani Usaha Bersama Nagari Bawan Kabupaten Agam, Minggu sore (23/3). – Foto: humas

dakwatuna.com – Sumbar.  Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja dan berdialog dengan kelompok Tani Usaha Bersama Nagari Bawan Kabupaten Agam, Minggu sore (23/3). Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Peternakan Ir. Erinaldi, MM, Kadis Pertanian Ir. Djoni, Kabiro Humas Irwan,S.Sos,MM dan Kabiro Binsos Drs. Syahril, camat serta beberapa tokoh masyarakat Bawan.

Dalam kesempata itu Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, kita amat bangga dan senang, jika para petani dapat berhasil  dalam usaha pertanian dan usaha tambahannya. Hari ini sebuah bukti kelompok Tani Usaha Bersama Nagari Bawan telah berhasil mengembangkan program interaksi sapi dan sawit, dari jumlah bantuan 35 ekor dan tambah dengan keberadaan sapi sebelumnya telah berkembang menjadi 105 ekor sapi.

Jika ini dapat dipertahankan selama 5 tahun ke depan tentu biasa menjadi lebih dari 600 ekor, dan yang sapi awal baru dijual, sementara pengembangan anaknya akan terus  berkembang secara berlipat. Pemprov akan terus memantau dan akan memberi dukungan bantuan pada tahun berikutnya, mudah-mudah ini program ini masih ada pada pemerintahan mendatang, harapnya.

Keberhasilan ini tentu dapat menjadi perhatian semua pihak, terutama sesama petani, agar dapat mencontoh kepada kelompok Tani Usaha Bersama ini. Jika perlu kita akan undang Bupati / Walikota lainnya untuk melakukan study lapangan pengembangan usaha tani di daerah mereka masing-masing, gagasnya.

Gubernur Irwan Prayitno juga menerima keluhan para petani sawit ini, tentang belum ada perhatian pemkab Agam dalam kegiatan pembangunan  pada 4 nagari di Bawan ini. Harapan masyarakat terutama pembangunan jalan produksi pertanian dan akses jalan ke jalan utama.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan, program pembangunan jalan merupakan kewenangan pemkab Agam, karena itu masyarakat harus menyampaikan aspirasi ini secara baik kepada pemkab Agam, sehingga dapat nantinya di akomodir dalam APBD Kab Agam, kecuali nanti ada usaha dan upaya usulan menjadi jalan provinsi sesuai dengan syarat dan aturan yang berlaku.

Kita mesti menghormati kewenangan dan kebijakan masing-masing pemkab/ko, karena kita menyadari keterbatasan dan prioritas pembangunan daerah sesuai dengan RPJM daerah masing-masing. Masyarakat mesti gigih mengusulkan, mulai dari musrenbang kecamatan hingga musrenbang pemkab/ko, ajaknya. (humasSumbar/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tangan Ribamu Mengikis Keadilan dan Kesejahteraan

Figure
Organization