Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Banyak Negara Gunakan Isu Terorisme Untuk Melanggar HAM

Banyak Negara Gunakan Isu Terorisme Untuk Melanggar HAM

Sidang tahunan Dewan HAM PBB di Jenewa (umm.ac.id)
Sidang tahunan Dewan HAM PBB di Jenewa (umm.ac.id)

dakwatuna.com – Jenewa. Qatar mengecam negara-negara yang melakukan pelanggaran HAM dengan dalih memerangi terorisme. Hal itu disampaikan dalam sidang tahunan ke 25 Dewan HAM PBB di Jenewa, Jumat (14/3/2014) kemarin.

Lebih lanjut, perwakilan Qatar menyebutkan adanya kekhawatiran yang besar menggunakan dalih perang melawan terorisme untuk melakukan pelanggaran HAM. Apalagi kalau hal itu digunakan untuk mematikan harapan rakyat yang ingin hidup dengan merdeka di negara mereka sendiri, seperti yang terjadi di negara-negara Musim Semi Arab.

Menurutnya, terorisme adalah tindakan yang terkeji, apapun bentuknya, alasan melakukannya, sumbernya, dan pelakunya. Namun perlu ada kesepakatan internasional tentang definisi terorisme yang benar dan jelas. Definisi karet untuk istilah terorisme sangat memungkinkannya dieksploitasi untuk melakukan pelanggaran hukum internasional dan HAM internasional. Bahkan istilah ini juga digunakan untuk menghadapi perjuangan rakyat yang ingin melawan penjajahan. (msa/dakwatuna/islemmemo)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

PBB: Kematian Mursi Harus Diselidiki Secara Independen

Figure
Organization