Survei: Parpol Islam Unggul di Jawa dan Menggaet Pemilih Pemula

Ilustrasi. (dakwatuna/hdn)

dakwatuna.com – Jakarta. Direktur Eksekutif Cirus Surveyors Group, Andrinof Chaniago, menyatakan  parpol Islam unggul dalam menggaet pemilih pemula. PKS misalkan, pemilihnya didominasi pemuda mulai usia 26 tahunan.

Menurutnya,  kebanyakan pemilih PKB berada di Jawa Tengah–DIY (26,3 persen) dan Jawa Timur (32,9 persen). Pemilih PAN yang terbesar berada di Jawa Barat (19,6 persen), dan Jateng–DIY (16,8 persen).

Kebanyakan pemilih parpol Islam lainnya tersebar di Pulau Jawa. Pemilih parpol Islam kebanyakan mulai berusia 26 sampai 55 tahun. “Jawa menjadi tempat pemilih parpol Islam,” paparnya, saat dihubungi, Jumat (14/3). Sedangkan di daerah lain, pemilih dari parpol Islam tersebar dalam jumlah tidak signifikan.

Parpol Islam dinilai mampu mengusung capres sendiri. Berdasarkan survey Cirus Surveyors Group, bila pemilu legislatif diselenggarakan hari ini, maka PKB meraih 7,8 persen, PPP 7,3 persen, PAN 4,9 persen, PKS 3,8 persen, dan PBB 0,8 persen. Total semuanya adalah 24,6 persen.

Data tersebut menunjukkan kemampuan parpol Islam untuk mengusung capres sendiri. Ambang batas untuk mengikuti pilpres adalah 20 persen. Sedangkan koalisi parpol Islam melebihi itu. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Konten ini telah dimodifikasi pada 15/03/14 | 00:05 00:05

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...