Home / Berita / Internasional / Eropa / Selangkah Lagi Ukrania Akan Kehilangan Krimea

Selangkah Lagi Ukrania Akan Kehilangan Krimea

Suasana di Parlemen Krimea (i1.wp.com)
Suasana di Parlemen Krimea (i1.wp.com)

dakwatuna.com – Krimea. Pemerintah Semenanjung Krimea, wilayah Ukraina yang menerapkan pemerintahan otonomi, mengumumkan akan melaksanakan referendum pada tanggal 16 Maret yang akan datang.

Referendum itu untuk menentukan apakah Semenanjung Krimea akan bergabung dengan Federasi Rusia atau tetap menjadi bagian dari Ukraina. Keputusan referendum ini diambil setelah parlemen Krimea bersepakat untuk bergabung dengan Rusia.

Menurut wakil perdana menteri Krimea, referendum nanti akan berisi dua pertanyaan. Pertama, “Apakah Anda mendukung bergabungnya Krimea ke dalam Federasi Rusia?” Kedua, “Apakah Anda mendukung diberlakukannya lagi Konstitusi Tahun 1992?”

Krimea adalah sebuah Wilayah yang mendapatkan hak otonomi daerah dari Ukraina. Berada di semenanjung yang menjorok ke Laut Hitam. Komposisi warga wilayah tersebut agak lain dari wilayah Ukraina lainnya, karena terdiri dari warga berdarah Ukraina dan juga warga yang berdarah Rusia.

Sejak Kamis (27/2/2014) yang lalu, pasukan Rusia sudah mulai menyebar di seluruh penjuru kota Simferopol, salah satu kota terbesar di Semenanjung Krimea. Selain itu, pasukan Rusia juga menguasai jalan-jalan akses masuk ke kota tersebut. (msa/dakwatuna/almoslim)

Advertisements

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

NATO Berharap Tak Ada Perang Baru dengan Rusia