Home / Berita / Internasional / Eropa / Akankah Rusia Serang Ukraina?

Akankah Rusia Serang Ukraina?

Pasukan Rusia mulai menempatkan diri di perbatasan dengan Ukraina (rassd)
Pasukan Rusia mulai menempatkan diri di perbatasan dengan Ukraina (rassd)

dakwatuna.com – Moskow. Kementerian pertahanan Rusia mengumumkan, pihaknya telah menempatkan alat-alat perangnya, termasuk 150 pesawat tempur, di daerah perbatasan dengan Ukraina. Bahkan jumlah pasukan yang bersiap-siaga di perbatasan mencapai 150 ribu personil, Kamis (27/2/2014) kemarin.

Tindakan Rusia yang mengejutkan ini dilakukan untuk menggagalkan proses revolusi yang sedang terjadi di Ukraina. Karena revolusi itu telah berhasil menggulingkan presiden Victor Yanukovich yang pro-Rusia. Aksi-aksi demonstrasi yang menjatuhkan Yanukovich, menurut Rusia, adalah dukungan Eropa yang ingin menguatkan pengaruhnya di negara paling dekat dengan Rusia ini.

Sementara itu, pihak Ukraina memperingatkan Rusia atas tindakan gegabah ini. Apalagi setelah ada sekelompok bersenjata berdarah Rusia berhasil menguasai dan menduduki kantor pemerintahan dan parlemen di Semenanjung Krimea.

Krimea adalah sebuah semenanjung yang berada di Laut Hitam. Komposisi warga wilayah tersebut agak lain dari wilayah Ukraina lainnya, karena terdiri dari warga berdarah Ukraina dan juga warga yang berdarah Rusia. (msa/dakwatuna/rassd)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization