Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Militer Myanmar Latih Para Pendeta Budha

Militer Myanmar Latih Para Pendeta Budha

Militer Myanmar latih pendeta Budha (alukah.net)
Militer Myanmar latih pendeta Budha (alukah.net)

dakwatuna.com – Rangoon. Lembaga-lembaga HAM mempertanyakan tentang keterlibatan pemerintah Myanmar, terutama militernya, dalam aksi pembantaian Muslim Rohingya. Hal itu setelah tersebar sebuah foto yang menampilkan militer Myanmar melatih para pendeta Budha menggunakan senjata api.

Ketua Konferensi Umum Persatuan Rohingya, Dr. Thahir Muhammad Arakani, menyatakan, “Pelatihan para pendeta Budha oleh pemerintah saat ini memancing banyak pertanyaan dan kecurigaan. Karena saat ini sedang terjadi pertikaian antara warga Muslim Rohingya dan warga Budha. Kami pun meragukan itikad baik pemerintah dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan. Padahal sejak tahun 1962, pemerintah tidak pernah melatih militer warganya, apalagi para pendeta.”

Arakani juga khawatir, pelatihan militer pendeta Budha ini menandakan akan terjadinya gelombang pembantaian yang baru, merebaknya kebencian dan meruncingnya pertikaian antar golongan.

Surat kabar DVB menyebutkan pelatihan militer terhadap pendeta Budha itu dilakukan di kampung kecil di wilayah Shan, yang terletak dekat dengan ibukota Myitkyina. (msa/dakwatuna/alukah)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Figure
Organization