Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Singapura Larang KRI Usman-Harun Melintas, Apa Kata Menlu RI

Singapura Larang KRI Usman-Harun Melintas, Apa Kata Menlu RI

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa - Foto: rt.com
Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa – Foto: rt.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, tak ingin banyak menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, yang melarang KRI Usman-Harun melintasi perairan Singapura.

Menurut Marty, hingga saat ini, kapal Usman-Harun itu pun belum berada di tangan Indonesia. “Kapalnya kan belum ada, masih di Inggris,” kata Marty di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 18 Februari 2014.

Meski begitu, Marty menilai pernyataan Menteri Pertahanan Singapura itu bukanlah suatu peringatan untuk Indonesia. “Saya tidak merasakan sebagai warning, dia mengambil kebijakan, ya silakan,” ujarnya.

Marty kembali menegaskan bahwa pemberian nama Usman-Harun itu sama sekali tidak ada niat Indonesia menyakiti Singapura.

“Sama sekali tidak ada itikad yang tidak bersahabat, baik dalam penamaan. Sepenuhnya permasalahan perbedaan pemahaman, persepsi. Bagi Indonesia, penamaan ini tidak ada masalah, tetapi Singapura masih,” terang Marty.

Di hadapan Parlemen Singapura, Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, menyatakan akan melarang KRI Usman-Harun melintasi perairan Singapura. Selain itu, tentara bersenjata Singapura (SAF), juga dilarang berlatih militer dengan kapal perang buatan Inggris itu.

Ng mengaku terkejut ketika mendengar Pemerintah RI berniat menamai salah satu kapal perangnya dengan nama dua marinir yang menjadi pelaku pengeboman di MacDonald House. Padahal, kedua negara pada 1973 telah sepakat untuk menutup lembaran lama peristiwa itu.

“Kementerian Pertahanan dan SAF kecewa atas langkah ini. Bahkan, walaupun tanpa niat jahat, namun bagaimana mungkin penamaan kapal tersebut dengan nama pengebom dapat membantu menjalin hubungan baik atau meningkatkan rasa saling hormat di antara kedua negara?” ungkap Ng. (viva/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization