Topic
Home / Berita / Daerah / 26 KAN Lulus Seleksi Menerima Satu Unit Komputer Dari Gubernur

26 KAN Lulus Seleksi Menerima Satu Unit Komputer Dari Gubernur

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menyerahkan seperangkat komputer kepada 26 Kerapatan Anak Nagari (KAN) di ruang kerja Gubernur, Senin (3/2). - Foto: Erwin
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menyerahkan seperangkat komputer kepada 26 Kerapatan Anak Nagari (KAN) di ruang kerja Gubernur, Senin (3/2). – Foto: Erwin

dakwatuna.com – Sumatera Barat.  Gubernur Irwan Prayitno serahkan satu perangkat unit komputer untuk menunjang kegiatan 26 sekretariat KAN di Sumatera Barat di ruang kerja gubernuran Senin siang (3/2). Hadir juga dalam kesempatan itu Kepala Biro Pemerintahan Drs. Syafrizal,MM dan pengurus KAN se Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, paradigma penataan desa saat ini telah menempatkan desa tidak saja sebagai local self governance, namun juga sebagai self-governing community.

Oleh karena itu peningkatan kapasitas pemerintahan Nagariu tidak saja diarahkan pada upaya menjamin pemerintahan nagari, namun juga bagaimana Nagari lebih berdaya dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan partisipasi masyarakat adat dalam pembangunan wilayah.

Kerapatan Adat Nagari ( KAN) sebagai lembaga kemasyarakatan informal di nagari merupakan wadah bagi para ninik mamak yang telah ada dan diwarisi secara turun temurun sepanjang adat, yang berfungsi dalam memelihara kelestarian adat serta menyelesaikan perselisihan sako dan pusako.

KAN dipandang membawa makna sangat penting dalam mengayomi seluruh anggota masyarakat guna menjamin kehidupan sesuai dengan adat dan budaya minangkabau. Oleh karena itu pemberian masing-masing satu unit komputer kepada 26 KAN di Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu upaya pemerintah Sumatera Barat dalam meningkatkan peran dan fungsi KAN guna mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat di wilayah nagari masing-masing, ujarnya

Gubernur juga menyampaikan penyerahan komputer ini untuk pertama kalinya dilakukan yang diagendakan oleh gubernur Sumatera Barat dalam Program Peningkatan Kapasitas Kelembagaan melalui Kegiatan Pembinaan Monitoring dan Evaluasi dan kekayaan Nagari tahun 2013.

Perlu dipahami bahwa 26 Kantor KAN yang menerima perangkat pada saat ini merupakan KAN yang telah lulus seleksi atas proposal yang telah diajukan sebelumnya kepada pemprov Sumbar melalui Biro Pemerintahan, katanya.

Kegiatan pertemuan pengurus KAN se Sumatera Barat juga melakukan dialog dan penyampaian informasi oleh Ketua KAN dan Walinagari dengan Gubernur dalam mencari solusi berbagai persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. (Erwin/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Beberapa Hari Setelah Diresmikan, RSP IZI Sumbar Tangani Balita Penyandang Hydrocephalus di Padang

Figure
Organization