Home / Berita / Internasional / Amerika / Pemeran Iklan Rokok “Marlboro Man” Meninggal karena Rokok

Pemeran Iklan Rokok “Marlboro Man” Meninggal karena Rokok

Foto Eric Lawson dalam iklan rokok Marlboro di akhir tahun 1970-an. (AP/KCM)
Foto Eric Lawson dalam iklan rokok Marlboro di akhir tahun 1970-an. (AP/KCM)

dakwatuna.com – Eric Lawson, yang memerankan pria Marlboro berwajah keras dan tegas dalam iklan rokok pada akhir tahun 1970-an, meninggal dunia pada usia 72 tahun.

Lawson meninggal pada 10 Januari 2014 di rumahnya di San Luis Obispo, AS, karena mengalami gagal pernapasan terkait penyakit paru obstruktif kronik (COPD), kata istrinya, Susan Lawson, Minggu (26/1/2014).

Lawson merupakan seorang aktor, antara lain untuk acara TV seperti Baretta dan The Streets of San Francisco, ketika disewa untuk muncul di iklan cetak Marlboro tahun 1978-1981. Dia juga berperan antara lain dalam film Charlie Angels, Dynasty, dan Baywatch. Istrinya mengatakan, cedera yang dialaminya saat membuat sebuah film mengakhiri kariernya pada tahun 1997.

Dia menjadi perokok sejak usia 14 tahun. Namun, Lawson kemudian muncul dalam sebuah iklan anti-rokok yang memarodikan pria Marlboro dan sebuah segmen “Entertainment Tonight” untuk membahas efek negatif rokok. Susan mengatakan, suaminya bangga dengan wawancara itu, meskipun dia merokok pada saat itu dan melanjutkan kebiasaan tersebut sampai didiagnosis menderita COPD.

“Dia tahu rokok menggerogotinya,” kata Susan. “Dia tahu. Namun, ia masih tidak bisa berhenti.”

Sejumlah aktor dan model yang pernah jadi bintang iklan rokok Marlboro pun telah meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan rokok. Mereka antara lain David Millar, yang meninggal pada tahun 1987 karena emfisema (kondisi ketika kantung udara paru rusak dan membesar sehingga membuat orang susah bernapas), dan David McLean, yang meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 1995.

Adapun Lawson punya 6 anak, 18 cucu, dan 11 cicit. (Egidius Patnistik/AP/KCM/dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Meneguhkan Pesantren Tanpa Rokok

Organization