Topic
Home / Berita / Nasional / Kepedulian Umat Islam Terhadap Al-Quran Semakin Meningkat

Kepedulian Umat Islam Terhadap Al-Quran Semakin Meningkat

Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Makin maraknya penyelenggaraan perbaikan bacaan Al-quran (tahsin) di kalangan umat Islam merupakan hal yang menggembirakan. Selain bentuk kepedulian terhadap Al-quran, tahsin juga menjadi pengokoh spiritualitas.

Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Satori Ismail mengatakan ini menjadi sinyalemen umat Islam semakin peduli dengan kitab sucinya.

Semakin banyaknya penyelenggaraan tahsin juga membantu mengokohkan spiritualitas bangsa. Semakin dini seseorang belajar membaca, menghafal dan memahami Al-quran, semakin kokoh ruhiyahnya saat dewasa.

“Negara kokoh karena spiritualitas masyarakatnya kokoh,” kata Satori. IKADI juga berusaha agar masyarakat terus menebar tahsin dan terlibat di dalamnya.

Ia melihat beberapa lembaga sudah bagus dalam menerapkan pengajaran tahsin. Mereka menerapkan metode lama hingga metode terbaru untuk memudahkan umat Islam, dari anak-anak hingga orang dewasa, untuk bisa membaca dan menghafal Al-quran.

Sebagai tanggungjawab atas penyiapan insan Muslim, IKADI juga memiliki lembaga pendidikan Al-quran.

Menginternalisasi Al-quran dalam kehidupan masyarakat, diakui Satori memang berat. Tapi jika semua pihak mau bersungguh-sungguh, misalnya dengan menghafal, memahami, dan mengamalkan satu ayat setiap hari, kurang dari 20 tahun umat Islam sudah bisa memahami seluruh ayat Al-quran. Jadi dalam satu hari, hanya satu ayat yang jadi wirid dan diamalkan.

“Sangat indah tentunya jika selepas shalat malam umat Islam memohon pada Allah SWT untuk bisa menghafal dan mengamalkan satu ayat Al-quran pada hari itu,” ucap Satori. (rol/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization