Topic
Home / Berita / Nasional / Tanggungjawab Utama Pendidikan Anak ada Pada Orang Tua

Tanggungjawab Utama Pendidikan Anak ada Pada Orang Tua

Anggota Komisi X DPR RI Ahmad Zainuddin.
Anggota Komisi X DPR RI Ahmad Zainuddin.

dakwatuna.com – Jakarta. Orang tua memiliki peran yang sangat penting di dalam membentuk karakter anak-anak. Tanggungjawab pendidikan seyogyanya menjadi tugas utama orang tua dan keluarga.

Demikian disampaikan oleh Aleg DPR RI Komisi X dari Fraksi PKS H.Ahmad Zainuddin,Lc saat memberikan paparan tentang pentingnya membaca pada seminar pendidikan simulasi membaca dengan bermain, bernyanyi dan bercerita yang diprakarsai oleh  Lembaga Pendidikan Roudhoh di Aula Komplek DPR RI Kalibata, kamis (9/1/14)

Ahmad Zainuddin juga menyampaikan bahwa saat ini kita sering mendapati tanggungjawab pendidikan sepenuhnya diserahkan kepada sekolah,  padahal tanggungjawab pendidikan yang utama ada pada orangtua atau keluarga.

Legislator PKS dapil Jakarta Timur ini juga menyebutkan bahwa kita perlu cermati sajian anak-anak yang saat ini didominasi oleh tontonan televisi dengan acara infotainment dan berita serta gosip-gosip tidak jelas yang sangat tidak bermanfaat apalagi dari sisi pendidikan. Sehingga peran ortu sangat dominan dalam mengendalikan pendidikan putra putrinya, tambahnya.

Ada 3 faktor yang perlu disiapkan untuk merangsang minat baca anak diantaranya, pertama perlu identifikasi kebutuhan baca anak, kedua sarana baca yang sesuai dan ketiga metode ajar yang diperlukan.

3 faktor inilah yang perlu kita perhatikan sehingga  tujuan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia melalui program membaca ini dapat tercapai, tandasnya. (sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Emir Qatar Janjikan Pendidikan untuk Satu Juta Anak Perempuan

Figure
Organization