Topic
Home / Berita / Nasional / RZ Dirikan 14 Sekolah Berkualitas Untuk Yatim Dhuafa

RZ Dirikan 14 Sekolah Berkualitas Untuk Yatim Dhuafa

Salah Satu Sekolah Juara di Bandung, Jawa Barat. (Foto: RZ)
Salah Satu Sekolah Juara di Bandung, Jawa Barat. (Foto: RZ)

dakwatuna.com – Bandung. Hingga Januari 2014, Rumah Zakat (RZ) telah mendirikan 14 sekolah berkualitas untuk yatim dhuafa yang tersebar di 12 kota dan kabupaten di Indonesia. Sekolah yang pernah meraih penghargaan Best Empowerment in Education Program dalam IMZ Award ini bernama Sekolah Juara. Di tahun 2013 Sekolah Juara berhasil melahirkan 294 siswa berprestasi dari total 1617 siswa.

Sekolah Juara saat ini telah hadir di Cimahi, Bandung, Subang, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Pekanbaru, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Medan.

“Jenjangnya SD, SMP dan SMK. Sekolah terbaru yang kami bangun adalah SMK Peternakan di Subang. Kami mendirikan sekolah ini sebab kami melihat potensi peternakan yang besar di Subang,” tutur Heny Widiastuty, Chief Program Officer RZ, Rabu (08/01).

Salah satu tujuan didirikan SMK ini adalah untuk turut menyukseskan kebijakan pemerintah dalam dunia pendidikan, yaitu membalik porsi jumlah SMA dan SMK. Target SMA diharapkan hanya 30 persen, sedangkan SMK 70 persen. Perubahan ini dipicu data statistik yang menunjukkan jumlah pengangguran usia produktif adalah lulusan SMA.

Melihat besarnya potensi peternakan di Jawa Barat yang kurang ditunjang dengan banyaknya SMK peternakan, maka RZ memutuskan untuk mendirikan SMK Peternakan tersebut.

“Subang memiliki potensi peternakan yang besar. Jika SDM-nya dipersiapkan untuk mengembangkan potensi tersebut, maka kita telah menyiapkan generasi digdaya di bidang peternakan,” ujar Heny.

“Pencapaian yang diraih RZ ini juga karena sinergi dari para donatur. RZ terus membuka peluang sinergi bersama untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas,” pungkas Heny. (RZ/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah

Figure
Organization