Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Bahrain Diidentifikasi Sebagai Negara Dengan Ekonomi Syariah Termaju Kedua Di Dunia

Bahrain Diidentifikasi Sebagai Negara Dengan Ekonomi Syariah Termaju Kedua Di Dunia

Wilayah Bahrain sebagai Pusat Keuangan dan Perbankan. (Foto: bbc.co.uk)
Wilayah Bahrain sebagai Pusat Keuangan dan Perbankan. (Foto: bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Thomson Reuters baru-baru ini mengumumkan penemuan terbarunya tentang negara dengan perkembangan ekonomi syariah paling baik di dunia. Pernyataan ini diumumkan pada malam menjelang Islamic Banking Conference in Bahrain. Penelitian ini merupakan kerjasama Thomson Retuters dan Islamic Corporation for The Development of the Private Sector (ICD) yang merupakan anak perusahaan Islamic Development Bank (IDB).

ICD bersama Thomson Reuters mengukur 5 komponen kunci yaitu perkembangan kuantitatif, pemerintah, kepedulian sosial, pengetahuan dan kesadaran masyarakat. Berdasarkan pengukuran lima komponen kunci tersebut, fakta menunjukkan bahwa Bahrain merupakan negara dengan sektor keuangan syariah termaju no-2 setelah Malaysia dengan total aset keuangan syariah sejumlah 47 Miliar USD. Sedangkan Arab Saudi menjadi negara No.3 yang termaju sektor keuangan syariahnya setelah Bahrain.

Bahrain memiliki landscape pendidikan ekonomi syariah terbaik kedua sedunia. Sebanyak 23 institusi menawarkan program pendidikan ekonomi syariah baik berupa gelar sarjana dan pelatihan-pelatihan singkat. Di bidang penelitian, Bahrain telah memiliki 17 jurnal ekonomi syariah yang telah dipublikasikan dalam waktu tiga tahun terakhir. Bahrain juga memiliki pemerintah yang mendukung perkembangan industri ekonomi syariah dengan adanya kerangka regulasi komprehensif yang mencakup semua aspek keuangan syariah. Selain itu sebanyak 53 pakar keuangan syariah berdomisili di Bahrain.

Industri keuangan syariah di Bahrain juga dinilai baik karena memiliki tata kelola perusahaan serta tanggung jawab sosial yang baik. Pada tahun lalu Bahrain telah menggelar lima seminar dan lima konferensi ekonomi syariah. (puri/mes/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Menlu Sebut Akan Ada ‘Kejutan’ dalam Hubungan Bahrain-Israel

Figure
Organization