Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Berdasarkan Aturan AFC, Menang Berapapun Timnas Bisa Melaju ke Semifinal SEA Games

Berdasarkan Aturan AFC, Menang Berapapun Timnas Bisa Melaju ke Semifinal SEA Games

Skuad Timnas U-23 yang berlaga di Sea Games 2013 Myanmar
Skuad Timnas U-23 yang berlaga di Sea Games 2013 Myanmar

dakwatuna.com – Jakarta. Kabar baik untuk pecinta sepakbola Indonesia. Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal  sepakbola SEA Games Myanmar 2013 masih terbuka lebar.

Berdasarkan rilis Asean Football Federation (AFF) melalui situs resminya, jika menang atas tuan rumah Myanmar, Senin (16/12) besok, maka Indonesia berhak lolos ke semifinal mendampingi Thailand.

AFF menjelaskan, sepakbola SEA Games mengacu pada regulasi yang dikeluarkan oleh AFC (federasi sepakbola Asia). Menurut aturan AFC, jika ada dua kesebelasan yang memiliki poin yang sama maka tim yang memiliki head to head lebih baik yang akan lolos ke babak selanjutnya.

Sementara mengikuti aturan kompetisi FIFA, jika dua tim memiliki poin yang sama maka tim yang punya selisih gol lebih baik yang berhak lolos ke babak selanjutnya. Nah dalam sepakbola SEA Games, regulasi yang pakai adalah aturan AFC.

Saat ini Indonesia berada di urutan ketiga klasmen sementara Grup B sepakbola SEA Games 2013 memilih poin 4 dengan selisih gol -2. Urutan pertama dipegang Thailand, poin 7 dengan selisih gol +5. Sementara Myanmar di posisi 2 punya poin 7 dengan selisih gol +5.

Sementara itu Match commisioner Prince Rufus dari India menjelaskan, menang dengan skor berapapun Indonesia sudah bisa ke semifinal. “Yang dihitung bukan selisih gol, tapi head-to-head,” ujar Prince kepada wartawan di Myanmar.

Prince mengungkapkan aturan mengenai tim yang lolos ke semifinal sudah dijelaskan dalam rapat manajemen sebelumnya.

Dengan demikian anggapan bahwa Indonesia hanya bisa lolos jika menang dengan margin empat gol terpatahkan.

“Jika Myanmar menang, mereka yang melaju ke semifinal. Jika imbang, Myanmar ke semifinal. Bila Indonesia menang, Indonesia yang ke semifinal, berapapun skornya , Indonesia ke semifinal. Ini aturannya,” jelas Prince. (jpnn/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Kreasi Apik Bendera Palestina Iringi Laga Indonesia vs Malaysia

Figure
Organization