Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / SyekhYusuf Al-Qaradhawi Mundur dari Al-Azhar

SyekhYusuf Al-Qaradhawi Mundur dari Al-Azhar

qaradhawidakwatuna.com – Kairo.  Ulama Mesir, Syekh Dr Yusuf Al-Qaradhawi, menyatakan pengunduran dirinya dari Dewan Ulama Senior Al-Azhar. Organisasi ini merupakan bagian paling otoritatif dari institusi agama bergengsi yang berbasis di Kairo itu.

“Saya menyatakan pengunduran diri kepada seluruh rakyat Mesir Raya, bukan kepada Grand Imam yang memiliki Al-Azhar,” kata Qardhawi, Senin (2/12),  seperti dilansir World Bulletin. 

Pernyataan tersebut disampaikan Qaradhawi lantaran memang ada perbedaan pemikiran yang cukup tajam antara dirinya dengan pimpinan Al-Azhar saat ini. Qaradhawi yang juga presiden Uni Internasional untuk Cendekiawan Muslim itu berpendapat, jabatan Imam Al-Azhar yang sesungguhnya telah dirampas oleh kudeta militer.

Imam Al-Azhar, Ahmed Tayeb, secara terbuka mendukung penggulingan Presiden terpilih Mesir Muhammad Mursi oleh kekuatan militer pada 3 Juli lalu. Sementara Qaradhawi sendiri merupakan salah satu kritikus paling vokal yang menentang kudeta tersebut. Ia pun telah berulang kali mengecam penguasa baru yang didukung militer Mesir.

Kelompok cendekiawan yang berbasis di Qatar juga mengecam Al-Tayeb karena dinilai telah gagal mengundang para anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar untuk membahas berbagai pembantaian yang terjadi di Mesir, utamanya adalah insiden serius di Rabaa Al Adawiya dan Nahda Square, Kairo, yang telah meneror rakyat Mesir.  (rol/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

YISC AL-AZHAR Konsisten Amanahkan Donasi Kemanusiaan kepada PKPU Human Initiative

Figure
Organization