Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Sering Kesemutan, Apa Penyebabnya?

Sering Kesemutan, Apa Penyebabnya?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com

Assalamu’alaikum,

Nama saya Warsito di Cikarang, umur 32 tahun. Sudah 5 tahunan saya sering kesemutan parah, karena sampai mati rasa. Dan tidak hanya di kaki atau tangan, tapi bisa di mana saja. Misal kuping, kepala, perut, pipi, dan lain-lain yang tertekan agak lama.

Yang paling sering kalau pas Jum’atan. Karena duduk bersila, gak sampai 10 menit kaki sudah mati rasa. Jadi 5 menit duduk sudah mulai kesemutan dan 5 menit kemudian mati rasa. Dua-duanya.

Saya pernah 2 kali medical check up di 2 Rumah Sakit yang berbeda, dan hasilnya normal. Yang terakhir sama dokter disuruh ke ahli syaraf, tapi belum saya laksanakan karena mengingat biaya.

Saya pernah tanyakan juga ke rumah ruqyah apa ini ada gangguan jin, karena paling sering kesemutan di masjid, sedangkan di rumah kesemutan biasa. Tapi belum ada jawaban.

Itu saja pertanyaan saya. Terima kasih.

Warsito

Jawaban:

Wa’alaikumsalam.

Kesemutan memang akibat gangguan saraf. Tepatnya gangguan berupa berkurangnya cetusan listrik yang semestinya ada. Gangguan bisa berasal dari saraf pusat (otak, batang otak, sumsum) bisa saraf tepi. Gangguan di saraf pusat bisa menjadi pertanda penyakit lain yang lebih serius. Gangguan saraf bisa disebabkan apapun. Mulai dari yang serius seperti stroke, tumor dan infeksi otak, penyakit umum yang serius, sampai karena kekurangan vitamin, gangguan elektrolit dan metabolik.

Medical check up umumnya tidak memeriksa fungsi saraf sehingga sangat bisa check up normal tapi saraf terganggu. Segeralah ke dokter saraf untuk didiagnosis dengan tepat dan menghindarkan proses penyakit yang serius dan dapat memburuk.

Kita doakan semoga bukan termasuk penyakit yang serius.

Kirimkan pertanyaan konsultasi kesehatan Anda melalui email: dakwatuna at gmail.com

Konsultasi Kesehatan ini didukung oleh: Islamic Medical Association and Network of Indonesia / Perhimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia (IMANI-PROKAMI)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Staf Dept. Neurologi FKUI.

Lihat Juga

Gaza Eksekusi Mati 3 Orang Mata-Mata Israel

Figure
Organization