Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Minimalis Mungil di Tanah 6 x 9 m

Minimalis Mungil di Tanah 6 x 9 m

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Ust. Andan di dakwatuna.com

Mau minta saran kira –  kira model rumah untuk tanah panjang 9 meter dan  lebar muka  6 meter bagusnya dibuat seperti apa ya ? Sekiranya dihabiskan tanahnya model yang bagus bagaimana ya ?

Saya ingin bisa dapat untuk 3 kamar tidur. Demikian pertanyaannya

Terima kasih, Wassalaamu’alaikum wrwb

Faisal Rizal

faisal

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Faisal Rizal dan segenap netters dakwatuna, hujan mulai mengiringi Jakarta dan sekitarnya. Berhati – hatilah. Apalagi hujan saat siang menjelang sore ini biasanya bisa berakibat macet parah. Semoga Allah melindungi kita semua.

Pak Faisal, pada tanah yang cukup kecil ini saya masih tetap berusaha membuat area bukaan yang segar. Hingga tidak semua lahan saya habiskan. Di sisi kanan masih ada area terbuka yang saya jadikan taman. Melalui taman ini saya buat pintu kamar mandi.

Denah tengah saya buat lapang. Agar rumah kecil ini tetap nyaman. Bisa untuk berkumpul keluarga dan bisa juga buat acara pengajian. Dengan akses 2 pintu masuk membuat sirkulasi ke dalam rumah menjadi nyaman dan mudah.

denah
denah

Carport bagian muka tetap 3 meter. Hingga manuver kendaraan mudah. Teras muka cukup untuk menerima tamu. Dengan taman segar di depan membuat rumah ini semakin nyaman. Walaupun kecil tapi tetap indah.

tampak muka

Pet beton teras depan menjadi daya tarik utama. Dengan permainan box atap kamar tidur depan dan tembok bergaris – garis minimalis dan perpaduan batu alam membuat tampilannya segar.

sisi kanan
sisi kanan

Lihatlah sisi kanan rumah ini. Masih menyisakan taman dan lubang hawa yang segar. Pola ini membuat sirkulasi udara silang menjadi sempurna. Cahaya matahari masuk dengan optimal.

Efek tampias hujan saya atasi dengan atap transparan di atas taman. Jadi tidak perlu khawatir jika hujan tiba. Justru hujan yang ada akan membawa kesegaran tanpa khawatir bocor.

sisi kiri
sisi kiri

Ini bagian sisi kiri, tetap ada bukaan. Hanya saja area ini saya jadikan ruang cuci jemur. Jadi ruang belakang yang menjadi service area tetap berfungsi sebagai pencahayaan.

Area ini juga saya jadikan tempat tangki air. Saya letakkan di atas kamar mandi utama. Hingga jalur airnya menjadi mudah dan perawatannya menjadi murah.

perspektif muka
perspektif muka

Alhamdulillah selesai sudah disain kita kali ini. semoga Pak Faisal berkenan. Kita sudah sudahi dulu pertemuan ini. Karena saya harus keliling ke lapangan melihat proyek renovasi yang hendak dikerjakan.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

kirimkan email pertanyaan/order disain/pelaksanaan ke : [email protected]

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Rumah Klasik Rumah Minimalis, Lebih Murah Yang Mana? (1)

Figure
Organization