Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Vatikan dan Al-Azhar Hidupkan Kembali Dialog Antar Iman

Vatikan dan Al-Azhar Hidupkan Kembali Dialog Antar Iman

 Prof Dr Ahmed Al Tayeb, Grand Syeikh Al-Azhar.
Prof Dr Ahmed Al Tayeb, Grand Syeikh Al-Azhar.

dakwatuna.com – Kairo.  Vatikan dan Al-Azhar Mesir kembali menghidupkan dialog antar-iman setelah lebih dua tahun terputus akibat tuduhan campur tangan dalam negeri Mesir.

Satu delegasi Vatikan telah bertemu dengan Syeikh Agung Al Azhar Prof Dr Ahmed Al Tayeb untuk menyampaikan undangan dari Paus Francis, seperti dilaporkan kantor berita Mesir, MENA, Senin.

Disebutkan, surat tertulis Paus Francis tersebut isinya mengundang Syeikh Tayeb untuk menghadiri konferensi internasional yang akan digelar di Roma mengenai perdamaian dan perkuat jalinan persaudaran antar-agama.

Menanggapi surat undangan pemimpin Tahta Suci Vatikan itu, Syeikh Tayeb menyatakan akan memenuhinya.

Sejak awal tahun 1990-an, Al-Azhar dan Vatikan melakukan kontak rutin untuk dialog antar iman, namun kontak itu terputus menyusul revolusi 25 Januari 2011.

Al-Azhar memutuskan hubungan dengan Vatikan karena menuduh Paus sebelumnya, Benediktus XVI, mencampuri urusan dalam Mesir.

Mufti Nasional Mesir, Prof Dr Syeikh Shawki Allam, menyambut baik sikap Al-Azhar dan Vatikan dan menilainya sebagai perwujudan niat baik untuk kemaslahatan umat manusia.

“Hidup berdampingan secara damai sesama umat manusia lewat dialog berkesinambungan merupakan perwujudan hak asasi manusia,” kata Syeikh Shawki. (antara/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

20 Tahun Berkiprah, Kepala Daerah dari PKS Gelar Konsolidasi Nasional

Figure
Organization