Topic
Home / Berita / Nasional / Said Aqil: Radikalisme Agama Disukai Musuh Islam

Said Aqil: Radikalisme Agama Disukai Musuh Islam

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj. (prioritasnews.com)
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj. (prioritasnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Kelompok yang tidak suka  terhadap Islam mengharapkan Islam mempunyai wajah yang radikal dan ekstrem, karena dengan begitu mereka mempunyai alasan untuk membenci Islam.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj di Pesantren Ats-Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta pada Sabtu (26/10).

“Dikira yang radikal itu membela Islam? Tidak! Malah Islam jadi jelek, disorot oleh dunia internasional, sangat besar akibat negatifnya. Nanti dianggap agama Islam ini agama perusak, bukan pembangun. Ini yang diharapkan oleh musuh Islam, agar islam itu keras terus penampilannya. Kita jangan terpancing,” papar kiai yang akrab disapa Kang Said.

Karena, lanjut Kang Said, perilaku ekstrem itu akan dicatat dalam sejarah dunia yang akan dibaca oleh generasi selanjutnya, “Tercatat semua, ada Alqaida, ada teroris, tercatat dalam sejarah, nanti dibaca oleh generasi yang akan datang. Nah, NU tetap ingin mempertahankan tasamuh, santun, toleran, tercatat dalam sejarah nanti,” tegasnya.

Kiai asal Cirebon itu pun memberikan contoh NU yang sejak awal memiliki toleransi terhadap perbedaan. Hal itu kemudian dicatat dalam sejarah dunia sehingga sampai saat ini NU tetap dikenal toleran.

“Hari kemarin itu PBNU kedatangan tamu dari Serbia, Islam, Katolik, Yahudi, Ortodox, artinya apa? Dari sana mereka udah  mendengar di Indonesia itu NU yang menghormati perbedaan,” jelasnya.

Karena itu, Kang Said mengharapkan agar umat Islam mampu menunjukkan wajah Islam yang santun dan toleran, dengan begitu tidak ada lagi alasan mereka untuk membenci Islam. (nu/sb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Din Syamsuddin: Agama Harus di Praktekkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Organization