Home / Berita / Internasional / Eropa / Debat Seru Soal Burka, Walikota London Tersudut

Debat Seru Soal Burka, Walikota London Tersudut

Walikota London , Boris Johnson (kanan) - dailymail.co.uk
Walikota London , Boris Johnson (kanan) – dailymail.co.uk

dakwatuna.com – Jakarta.  Walikota London, Boris Johnson terlibat debat seru dengan seorang muslimah pemakai burka di acara radio. Boris amat bersemangat mengkampanyekan pelarangan mengenakan burka atau cadar di tempat umum. Tanpa diduga, argumennya dipatahkan dengan mudah oleh seorang muslimah yang biasa memakai burka.

Boris adalah salah seorang penyeru pelarangan perempuan mengenakan burka di tempat umum. Sebagaimana diberitakan, Daily Mail (2/10/2013), Walikota London itu menyatakan bahwa sekolah mempunyai hak untuk memaksa siswanya memperlihatkan muka mereka kepada gurunya. Selama ini sekolah membolehkan siswanya mengenakan burka atau cadar.

Ia menyatakan hal itu dalam siaran radio LBC di London, “Pada dasarnya, saya penganut kebebasan bagi setiap orang untuk memakai apa saja yang ia mau. Namun, kalau soal wajah yang tertutup burka itu bisa menghambat proses sekolah. Saya kira guru harus bisa melihat bagaimana anak didik merespon yang mereka ajarkan. Mereka juga harus bisa berpartisipasi di dalam kelas. Jadi, saya kini sangat beralasan menyuruh siswa mengenakan seragam standar,” ujar Boris.

Namun, seorang ibu yang mengaku bernama Milam dari South Norwood, London Selatan menyatakan bahwa memakai burka itu bukan sebuah paksaan. Ia menyatakan anaknya yang berusia 15 tahun sudah secara suka rela mengenakan burka sejak berusia 12 tahun. Anaknya itu tidak pernah ia paksa untuk mengenakan baju tertentu dan kemudian ia memilih untuk mengenakan burka.

“Jadi, Boris, sebagai orang tua, kita harus mengajarkan anak-anak kita untuk saling menghargai satu sama lainnya, menghargai sekolah, dan lain-lain. Dengan kata lain, Boris, Anda menyuruh kita untuk melawan kebijakan sekolah atau melawan aturan sekolah yang membolehkan mengenakan cadar,” ujarnya. (ind/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Walikota London: Trump Tak Paham Politik Perang