Topic
Home / Berita / Nasional / Demi Keamanan Ibadah, Jamaah Haji dihimbau Bertransaksi Pakai Kartu

Demi Keamanan Ibadah, Jamaah Haji dihimbau Bertransaksi Pakai Kartu

ka'bahdakwatuna.com – Jakarta. Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri membuka Konter Layanan Keuangan (KLK) di seluruh embarkasi untuk mengajak jamaah haji menggunakan kartu selama ibadah haji.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Anggito Abimanyu mengatakan kerjasama diadakan mengingat tingkat kehilangan uang tunai jamaah haji yang cukup tinggi. Dia berharap dengan membawa kartu ATM, kejadian tersebut bisa dikurangi.

“KLK bertujuan memberikan layanan aktivitas keuangan kepada seluruh jamaah haji mulai di embarkasi haji sampai di Arab Saudi,” ucapnya dalam keterangan resmi, Selasa (17/9).

Dia mengatakan Kemenag dan Bank Penerima Setoran (BPS) akan menyosialisasikan KLK kepada setiap kepala regu dan rombongan dalam setiap kelompok terbang jamaah haji.

Adapun lokasi KLK  berada di embarkasi haji Medan, Solo, Banjarmasin, dan Palangkaraya. Selain membuka KLK di empat embarkasi, BSM juga membuka layanan di embarkasi Jakarta, Surabaya, Batam, Medan-Aceh, Balikpapan, dan Makassar.

Direktur BSM Amran Nasution mengatakan kehadiran KLK untuk memberikan kemudahan bagi jamaah haji yang memerlukan layanan perbankan khususnya dalam hal penarikan uang tunai menggunakan kartu debit dan ATM jaringan Internasional.

Amran menyarankan agar jamaah yang menerima uang living cost segera membuka rekening di Embarkasi. Lalu, jamaah akan menerima kartu ATM untuk bertransaksi di Tanah Suci untuk memudahkan layanan kepada jamaah.

“Dengan begitu, risiko kehilangan uang tunai bagi jamaah haji bisa diminimalisasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan konter BSM tersebut khusus melayani penukaran riyal Saudi. BSM menyediakan sekitar 65 juta riyal Saudi, baik untuk living cost maupun untuk penukaran uang riyal bagi jamaah. (if/bsc)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(

Berikan Klarifikasi, Dubes Arab Saudi Bantah Ada Larangan Haji Palestina

Figure
Organization