Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Irak Dukung Pembantaian di Mesir

Irak Dukung Pembantaian di Mesir

Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki (REUTERS/Jason Reed)
Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki (REUTERS/Jason Reed)

dakwatuna.com – Baghdad. Perdana Menteri (PM) Irak Nuri al-Maliki dalam pernyataan di situs nya, Minggu (18/8), mendukung tindakan keras militer Mesir terhadap pendukung presiden sah Mesir Muhammad Mursi.

Nuri al-Maliki meminta semua pihak untuk “menahan diri” tetapi mengatakan Baghdad berdiri dengan pemerintah Mesir, dan menyebutkan gerakan-gerakan terhadap Ikhwanul Muslimin sebagai upaya untuk menerapkan hukum dan ketertiban.

“Kami bersikap kuat dengan pemerintah Mesir dalam langkah-langkah untuk memaksakan penegakan hukum dan menempatkan keamanan dan perdamaian di seluruh Mesir,” kata Perdana Menteri Maliki.

Maliki juga mengatakan kekerasan yang sedang berlangsung di Mesir, yang telah menewaskan lebih dari 750 orang dalam empat hari, adalah hasil dari “menargetkan keinginan konspirasi rakyat Mesir “.

Dia juga menyerukan untuk “menahan diri secara maksimum” dan menyerukan kelompok-kelompok politik di negara itu untuk mengambil bagian dalam dialog agar “menghindari perpecahan sektarian”.

Negara-negara ArabĀ telah secara terbuka mendukung tindakan keras, dengan para pengulas mengatakan sebagian pemimpin mereka secara diam-diam mendukung gerakan mematikan Mesir karena mereka takut pengaruh regional Ikhwanul Muslimin sejakĀ Arab Spring.

Tentara Mesir, yang secara langsung atau tidak langsung berkuasa sejak 1952, menggulingkan Mursi sebagai presiden yang sah pada 3 Juli.

Pendukung Mursi yang mendirikan kamp-kamp protes di Kairo dan berjanji untuk tetap bertahan sampai pemimpin mereka, yang sekarang dalam tahanan, dipulihkan kembali kedudukannya. (ella/ant)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization