Topic
Home / Berita / Nasional / Aksi Solidaritas Rakyat Indonesia Atas Pembantaian di Mesir

Aksi Solidaritas Rakyat Indonesia Atas Pembantaian di Mesir

aksi semarangjogja 3aceh shalat ghaibdki 2

dakwatuna.com – Jakarta.  Dunia berduka atas pembantaian yang dilakukan junta milter terhadap rakyat sipil di Mesir. Hari ini, Jum’at (16/8) aksi keprihatinan serentak digelar di beberapa negara Asia, Eropa dan Arab.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia turut menyuarakan keprihatinannya terhadap pembantaian rakyat Mesir oleh junta militer dan pemerintahan kudeta.

Kota-kota besar di Indonesia serentak melakukan aksi yang sama menuntut agar dihentikannya kebiadaban yang sedang terjadi di Mesir dan meminta lembaga-lembaga dan negara-negara di dunia untuk mengutuk dan berperan aktif menghentikan pembantaian tersebut.

Di Aceh aksi di pusatkan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, tak kurang dari 500 orang hadir menyuarakan keprihatinan mereka terhadap nasib saudara-saudara mereka di Mesir. Orasi disampaikan oleh tokoh-tokoh dari MIUMI, IKADI dan Anggota Dewan.

Aksi terbesar dilakukan di Ibukota Jakarta yang dimulai dari Masjid Istiqlal menuju depan Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Aksi yang di hadiri oleh tokoh-tokoh dari FUI, PUI, Forum LDK, BEM UI sementara orasi disampaikan oleh beberapa tokoh diantaranya H. Dani Anwar, KH Satori Ismail (IKADI). Aksi yang mempu menghadirkan puluhan ribu massa ini memenuhi jalan-jalan disekitar kedubes AS hingga pelataran parkir Monas.

Dari Bandung, 3.000 massa memadati lapangan Gasibu untuk mendengarkan orasi yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta ketua Majlis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Ust. Hilmi Aminudin.

Sementara aksi di Pekanbaru dipusatkan di Tugu Ikan Selais. Ratusan orang menuntut dikembalikannya Muhammad Mursi sebagai presiden yang sah dan meminta pemerintah RI bersikap tegas menyikapi pembantaian di Mesir, demikian seperti dilaporakan Tengku Zulkifli.

Selain daerah-daerah tersebut aksi serupa juga serentak dilakukan di Makassar, Yogyakarta, Lampung, Pekalongan, Semarang, Solo, Tegal dan Purwokerto serta beberapa daerah lainnya.

Massa mengakhiri aksinya dengan damai dan tertib sebagai bukti dukungan mereka terhadap aksi damai pendukung presiden Mursi di Mesir. (sbb/dkw)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization