Topic
Home / Berita / Nasional / LAPAN Prediksi Awal Ramadhan 1434 H Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2013

LAPAN Prediksi Awal Ramadhan 1434 H Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2013

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) telah mengamati posisi hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1434 H. Hasil penelitian Lapan menunjukkan awal puasa jatuh pada hari Rabu (10/7/2013).

“Menurut pengamatan kami, 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 10 Juli,” ujar peneliti Lapan, Thomas Djamaluddin di Kantor Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (8/7).

Thomas mengatakan, Lapan telah menyebar 33 titik pengamatan di seluruh Indonesia. Dari ke 33 titik tersebut belum terlihat penampakan hilal (bulan sabit).

“Bagian timur Indonesia yang harusnya saat ini sudah terbenam belum terlihat penampakan hilal,” terang Thomas.

Menurutnya kalaupun saat ini hilal dapat dilihat, posisinya kurang dari 1 derajat. Sementara ketentuan permulaan Ramadan posisi hilal di atas 2 derajat.

“Jadi tidak mungkin ditetapkan 1 Ramadan hari ini,” ujarnya.

Namun ia menyerahkan keputusan penentuan awal Ramadan dalam sidang isbat. Saat ini sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama baru saja dimulai. (detikcom)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization