Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Syeikh Tamim Jadi Amir Baru

Syeikh Tamim Jadi Amir Baru

SHTamimQNV2030 (1)dakwatuna.com – Qatar, negara kecil di kawasan Teluk tetapi memiliki kekuatan ekonomi yang besar, melakukan transisi kekuasaan dari Syeikh Hamad bin Khalifa al-Tsani ke putra mahkota Syeikh Tamim bin Hamad al-Tsani.

Pernyataan dari pihak istana mengatakan, rakyat Qatar akan diminta untuk menyatakan kesetiaannya kepada Syeikh Tamim sebagai amir yang baru pada hari Selasa dan Rabu ini, lapor AFP.

Aljazeera (24/6/2013) melaporkan, Amir Qatar Syeikh Hamad mengundang anggota keluarga kerajaan dan para petinggi negeri ke istana pada hari Senin untuk menyampaikan keinginannya mengalihkan kekuasaan kepada putranya tersebut.

Tamim dilahirkan pada tahun 1980. Dia adalah putra kedua Syeikh Hamad dari istri keduanya Syeikha Mozah, dan telah dipersiapkan bertahun-tahun untuk memimpin negara kecil nan kaya itu.

Saat ini, putra mahkota berpendidikan Barat itu menjabat wakil komandan angkatan bersenjata Qatar dan ketua Komite Olimpiade Qatar. Dia juga menjabat ketua dalam komite tinggi penyelenggara Piala Dunia 2022.

Para diplomat mengatakan, selama tiga tahun terakhir Syeikh Hamad yang kini berusia 61 tahun secara bertahap mengalihkan kekuasaan militernya kepada putra mahkota. Seperti halnya sang ayah, Pangeran Tamim menjalani pendidikan militer di akademi militer Inggris Sandhurst. Dia juga pernah mengenyam pendidikan di Sherbone, Dorset.

Seorang pejabat Qatar yang tidak disebutkan namanya kepada AFP mengatakan, Syeikh Hamad mendorong agar orang-orang muda masuk dalam jajaran kepemimpinan di negeri Qatar.

Seorang diplomat Prancis mengatakan, Syeikh Hamad mundur dari jabatannya sebagai amir, tetapi masih akan mendampingi putranya memimpin negara Qatar.(dkw/hdt)

Redaktur: Aisyah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Qatar Kepada AS: Palestina Menanti Solusi Politik Yang Adil

Figure
Organization