Topic
Home / Berita / Wawancara / Ditekan Negara-Negara Asean, Myanmar Minta Dukungan Amerika

Ditekan Negara-Negara Asean, Myanmar Minta Dukungan Amerika

as myanmaras myanmardakwatuna.com – Myanmar. Terus menerima tekanan dari ASEAN, Presiden Myanmar berencana kunjungi Washington untuk meminta dukungan Barack Obama.

Sebagaimana dilansir Press, kunjungan yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Mei itu, akan menjadikan presiden Myanmar, Thein Sein, Presiden pertama Myanmar yang melakukan kunjungan ke AS dalam lima dekade terakhir.

Pada Kamis lalu (3/5), pemerintahan Obama mengumumkan keputusan untuk menangguhkan sebagian besar sanksi terhadap Myanmar, yang meliputi pembatasan visa untuk beberapa negara Myanmar.

Sebenarnya, tahun lalu, Washington sudah mencabut serangkaian sanksi terhadap Myanmar atas perdagangan antara kedua negara, dan menghapus Sein dari daftar pejabat yang terlarang.

Presiden Obama sempat melakukan kunjungan ke Myanmar November lalu di tengah gelombang kekerasan yang dilakukan oleh kaum ekstrimis Budha terhadap Muslim Rohingya.

Pada tanggal 28 Maret, Tomas Ojea Quintana, dari badan PBB tentang hak asasi manusia di Myanmar, mengatakan ia telah menerima laporan bahwa tentara dan polisi Myanmar hanya diam saja, ketika kekejaman terjadi di depan mata mereka oleh massa Buddha di pusat kota Meiktila.

Amnesti internasional dan Badan Hak Asasi PBB meminta pemerintah Myanmar untuk mengatasi penderitaan penduduk Muslim Rohingya dan melindungi masyarakat dari ekstrimis Buddha. Dalam beberapa bulan terakhir, ratusan Muslim Rohingya telah tewas dan ribuan lainnya mengungsi akibat kekerasan yang dilakukan ekstrimis Buddha.

Menurut PBB, Muslim Rohingya berjumlah lima persen dari 60 juta penduduk Myanmar, dimana mereka adalah kelompok minoritas yang paling teraniaya di dunia saat ini selain warga Palestina. Mereka telah dianiaya dan menghadapi penyiksaan, serta pembantaian sejak negara itu merdeka pada 1948. (aasy/bans/mina)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Figure
Organization