Topic
Home / Berita / Nasional / DPR Berharap Bidikmisi Tahun 2013 Dapat Terdistribusi Tepat Sasaran

DPR Berharap Bidikmisi Tahun 2013 Dapat Terdistribusi Tepat Sasaran

Anggota Komisi X DPR RI, Surahman Hidayat. (TEMPO/Imam Sukamto)
Anggota Komisi X DPR RI, Surahman Hidayat. (TEMPO/Imam Sukamto)

dakwatuna.com – Menurut Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI, Dana Bidikmisi Rp 548 miliar dari total 1,96 triliun akan segera disalurkan paling lambat pekan depan. Biaya hidup dan kuliah selama enam bulan, akan di salurkan kepada 88.142 mahasiswa penerima tahun 2012-2013.

Surahman Hidayat, anggota komisi X DPR RI, menjelaskan bahwa UUD 1945 menempatkan bidang pendidikan dalam derajat keseriusan yang tinggi, terbukti dengan adanya rumusan pasal khusus tentang pendidikan. Pasal-pasal tersebut mengatur mulai dari hak warga negara mendapatkan pendidikan sampai dengan peran pemerintah untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pasal 31 UUD 1945 mengamanatkan: (1) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan; (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Pendidikan sebenarnya juga merupakan bagian dari hak asasi manusia, seperti termaktub dalam Pasal 28C Ayat (1) dan Pasal 28E Ayat (1) UUD 1945.

“Saya berharap Bidikmisi (Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin), tahun 2013 berjalan dengan baik. Pendistribusian atau daya serap beasiswa Bidik Misi harus tepat sasaran, karena faktanya di lapangan masih saja di temukan, di sejumlah perguruan tinggi negeri ternyata penerima Bidik Misi adalah mahasiswa dari keluarga kaya,” ungkap Surahman Hidayat.

Lebih lanjut Surahman meminta kepada pemerintah dalam hal ini kepada Kemendikbud RI, untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki sistem penyaluran Bidik Misi sehingga bisa tepat sasaran yakni diterima oleh mahasiswa miskin.

“Kemendikbud harus melakukan koordinasi yang baik dengan pihak Perguruan Tinggi Negeri tidak hanya menjaring calon mahasiswa berprestasi tapi miskin di lingkungan perkotaan saja, tetapi Bidikmisi ini juga harus sampai ke pelosok-pelosok daerah terpencil, sehingga ada pemerataan,” tambahnya. (ist/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 7.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ustadz Yusuf Supendi Meninggal Dunia

Figure
Organization