Topic
Home / Berita / Daerah / Aceh Timur Diminta Lahirkan Qanun Wisata Islami

Aceh Timur Diminta Lahirkan Qanun Wisata Islami

Salah satu objek wisata di Aceh
Salah satu objek wisata di Aceh

dakwatuna.com – Banda Aceh.  Kalangan ulama meminta Pemkab Aceh Timur, Provinsi Aceh, membuat Qanun tentang Wisata Islami, sehingga diharapkan tidak terjadi pelanggaran agama, khususnya di lokasi pantai yang diduga sering dijadikan ajang maksiat.

“Itu merupakan salah satu dari empat butir rekomendasi yang dilahirkan dari Muzakarah ulama se Aceh,” kata Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Timur Tgk Bukhari di Idi Rayeuek, Senin (15/4). Rekomendasi lain ulama juga meminta Pemkab Aceh Timur menindak tegas pengelola objek wisata yang melanggar ketentuan syariat Islam.

MPU Aceh Timur juga diminta untuk merumuskan bentuk-bentuk wisata Islami. Selanjutnya Pemkab Aceh Timur diharapkan agar mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam semua kebijakan wisata alam.

Kalangan ulama se Aceh juga meminta objek wisata pantai yang dikelola masyarakat untuk sementara waktu agar ditutup guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami bersama-sama berdiskusi untuk melahirkan solusi terbaik tentang pembangunan wisata dan budaya yang Islami menurut pandangan Islam,” kata Tgk Bukhari.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur, Hasballah M Thaib, mengatakan saat ini banyak tempat wisata pantai di daerahnya tidak aktif. Masyarakat juga berharap agar dapat dibuka kembali tempat-tempat wisata pantai seperti di Idi Cut, Kuala Beukah, dan sejumlah lokasi wisata lainnya. “Tentunya kami juga berharap objek wisata di Aceh Timur sesuai dengan tuntunan Islam, sehingga dapat melahirkan qanun dan bisa menjadi acuan untuk kabupaten-kabupaten lain.” (dm/rol)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Lima Destinasi Wisata Terbaik di Xi’an, Populasi Muslim Terbesar di China

Figure
Organization