Topic
Home / Berita / Nasional / Mahfud MD ‘Kalahkan’ Jokowi

Mahfud MD ‘Kalahkan’ Jokowi

mahfuddakwatuna.com – Surabaya. Hasil survei PW Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Jawa Timur (Jatim) bersama Lembaga Survei “Suprimasi” mendapatkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD sebagai calon presiden idola kalangan Nahdliyin Jawa Timur. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo harus puas menjadi peringkat kedua di survei ini.

“Kami bertanya kepada 1.238 responden yang dipilih secara proporsional dengan metode terbuka sehingga tercatat ada 26 calon presiden yang disodorkan responden,” kata Wakil Sekretaris ISNU Jatim Faza Dhora Nailufar, di Surabaya, Minggu (14/4/2013). Didampingi Wakil Ketua PW ISNU Jatim Imam Syafii, Dhora yang juga Kepala Laboratorium Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang menjelaskan, hasil survei menunjukkan ada lima nama yang memperoleh dukungan lebih dari tiga persen.

“Mahfud MD 21,08 persen, Jokowi 12,76 persen, Prabowo 11,15 persen, Dahlan Iskan 6,7 persen, dan ARB 5,33 persen, sedangkan nama lain di bawah tiga persen, di antaranya Jusuf Kalla, Anas Urbaningrum, Muhammad Nuh, Ahmad Dani, Saifullah Yusuf, dan sebagainya,” papar Dhora. Dia mengatakan, hasil survei akan diserahkan ISNU kepada PWNU Jatim dan PBNU.

“Ibaratnya, kalau NU selama ini menggunakan suara langit atau istikharah dalam pemilihan kepala daerah, ISNU melengkapi dengan suara bumi atau survei,” kata Dhora. Ditanya alasan nama Mahfud MD menduduki posisi teratas di kalangan nahdliyin, ia mengatakan, alasan responden umumnya menyebut Mahfud MD sebagai sosok yang tegas dan obyektif dalam bertindak, meski ada beberapa pihak yang menentangnya.

Alasan yang terekam adalah 36 persen ketegasan, 31 persen bersih dan jujur, 15 persen pengalaman di pemerintahan, 4 persen merupakan kader NU, dan 14 persen untuk alasan lain. “Yang menarik, ARB tidak dipilih sama sekali di Sidoarjo. Bisa saja hal itu akibat lumpur Lapindo, namun yang menarik adalah banyak warga NU yang tidak terkena dampak lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, tapi mereka memiliki solidaritas yang tinggi kepada korban lumpur,” tambah Dhora.

Meski ditanya tentang figur capres, kata Dhora, beberapa Nahdliyin memilih menggandengkan calon tertentu dengan figur lain. Dia mencontohkan 29 dari 261 responden yang memilih Mahfud MD menggandengkan figur lain sebagai cawapres. “Sebanyak 20 dari 83 responden yang memilih Dahlan Iskan memasangkannya dengan figur lain, seperti Jokowi dan Mahfud MD, sedangkan 20 dari 158 responden yang memilih Jokowi juga memasangkan dengan figur lain,” katanya.

Untuk sebaran suara dan pemilih, Dhora mengatakan, mayoritas responden dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur memilih Mahfud MD sebagai calon presiden. Namun, tambah dia, mayoritas suara dukungan untuk Mahfud datang dari Banyuwangi.

Sementara Jokowi yang menempati peringkat dua “capres idola” ini, sebut Dhora, mendapatkan mayoritas dukungan dari Lumajang, Pasuruan, dan Pamekasan. Untuk ARB, mayoritas pendukung dari Pasuruan dan Jember. (paa/kmc)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bisakah Saya Renovasi Rumah 200 Juta?

Figure
Organization