Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Indonesia Tuan Rumah Konferensi Media Islam se-Dunia

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Media Islam se-Dunia

media islamdakwatuna.com – Mekkah.  Indonesia  menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Media Islam se-Dunia pada 2-3  Desember 2013 di Jakarta yang akan dihadiri oleh 150 peserta dari negara-negara Muslim.

“Ini untuk ketiga kalinya Indonesia diminta Liga Muslim Dunia untuk menjadi tuan rumah, setelah yang pertama tahun 1989 dan kedua tahun 2011,” kata Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama Mubarak, di Mekkah, Rabu.

Delegasi Indonesia selama dua hari mengadakan pertemuan dengan Direktur Liga Muslim Dunia (Rabithah Alam Islamy) Dr. Hasan al Ahdal. Selain menjadi tuan rumah, Indonesia juga ditunjuk untuk mengelola website www.islamicnewsmedia.org.

Menurut rencana, Konferensi Media Islam se-Dunia itu akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sekretaris Jenderal Rabithah Syaik Abdullah at Turky, yang masih keluarga Kerajaan Arab Saudi, juga akan hadir di Jakarta.

Mubarak mengatakan sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim, Indonesia sudah sewajarnya ikut serta menentukan bagaimana citra dan syiar Islam dalam media internasional.

Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara Akhmad Kusaeni, yang juga anggota delegasi Indonesia, mengatakan ada kesalahfahaman terhadap Islam dan Islam Phobia di media Barat.

Untuk itu, dalam konferensi tersebut, lanjut Kusaeni, akan direkomendasikan agar pengusaha Muslim memiliki media yang sangat berpengaruh dalam mengopinikan Islam yang damai dan bukan Islam yang penuh kekerasan. “Pemilik modal di dunia muslim didorong untuk investasi di industri media, bukan hanya membeli klub sepakbola misalnya,” ujar Kusaeni.

Wakil Rektor Universitas Islam Jakarta Jamhari Makruf mengatakan sudah saatnya hegemoni dunia Barat di bidang media diakhiri.

Ada ketidakseimbangan dalam penyebarluasan informasi yang kadang menyudutkan Islam,” katanya.

Oleh karena itu, salah satu tema yang akan dibahas dalam konferensi itu adalah bagaimana menciptakan tata dunia baru yang lebih adil dimana suara Islam lebih terdengar di dunia internasional. (els/ant)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization