Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Presiden Mesir Kirim Delegasi ke Gereja Soal Kerusuhan SARA

Presiden Mesir Kirim Delegasi ke Gereja Soal Kerusuhan SARA

Presiden Mesir Mohammed Morsi
Presiden Mesir Mohammed Morsi

dakwatuna.com Kairo.  Presiden Mesir Mohamed Moursi, Selasa (9/4), mengirim delegasi pejabat tinggi ke gereja Ortodoks utama di negeri itu di Ibu Kota Mesir, Kairo, guna membahas akibat dari kerusuhan bernuansa SARA baru-baru ini, demikian laporan kantor berita resmi Mesir, MENA.

Delegaasi ke Kathedral Saint Mark tersebut meliputi Penasehat Politik Moursi, Bakinam Ash-Sharqawi, Penasehat Sosial Emad Abdel-Ghafour dan Penasehat Urusan Orang Asing Mesir Ayman Ali.

Bentrokan berdarah belakang ini antara orang Muslim dan pengikut Koptik menewaskan delapan orang dan melukai lebih dari 100 orang lagi.

Kerusuhan itu berawal pada Jumat (5/4), ketika sekelompok anak warga Koprik diduga membuat gambar salib di tembok satu lembaga Islam di Kota Kecil Khosoos, Qalyubia, di dekat Kairo. Kejadian tersebut memicu bentrokan pada malam hari sehingga menewaskan lima orang dan melukai beberapa orang lagi.

Pada Ahad (7/4), bentrokan meletus lagi di luar Kathedral Saint Mark di Kairo, selama pemakaman beberapa korban, sehingga menewaskan satu orang dan melukai puluhan orang lagi.

Kementerian Kesehatan Mesir, Senin pagi, mengumumkan dua orang tewas, satu dalam bentrokan baru di Khosoos, dan satu lagi di rumah sakit akibat luka serius yang dideritanya dalam bentrokan malam sebelumnya di luar kathedral tersebut.

Kerusuhan baru-baru ini, kata Xinhua, menimbulkan kekhawatiran mengenai pergolakan baru SARA, yang mengancam persatuan nasional negeri itu,yang sangat diperlukan bagi peralihan ekonomi dan demokratis di Mesir. (bkw/ant)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization