Topic
Home / Berita / Daerah / DPRD: Jokowi Gubernur, Bukan Raja Jakarta

DPRD: Jokowi Gubernur, Bukan Raja Jakarta

Gedung DPRD DKI Jakarta
Gedung DPRD DKI Jakarta

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Rudi Akbar Lubis, mempertanyakan dasar hukum yang menjadi landasan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menggulirkan program lelang jabatan.

Menurut dia, hingga saat ini Pemprov DKI belum membuat aturan yang jelas untuk dijadikan payung hukum promosi dan seleksi jabatan yang diperuntukan untuk level lurah dan camat ini.

“Saya mempertanyakan dasar hukumnya apa, proses perekrutan ini, karena jabatan PNS itu sudah ada persyaratannya dalam Undang-undang,” kata Rudi , Jumat (5/4/2013).

Seharusnya, kata dia, Jokowi bisa membuat Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Gubernur (Pergub), mengingat program ini baru pertama kali dilaksanakan. Sekaligus juga perlu adanya kajian akademis.

Dia juga mengingatkan kepada mantan Wali Kota Solo itu, untuk tidak hanya mencari kebijakan populis, namun tidak ada payung hukum yang menaunginya.

“Kalau seperti ini kan jadi kusut. Saya pribadi sebagai anggota DPRD mengimbau Gubernur DKI idenya bagus pro rakyat tapi tolong diingat, Jokowi ini Gubernur bukan Raja Jakarta yang bisa berlaku otoriter, saya kawatir sikap yang populis jadi bomerang,” terang politikus partai Golkar itu.

Bila program lelang jabatan ini tetap dilaksanakan, Rudi khawatir Jokowi dianggap melanggar hukum administrasi negara. Pasalnya, hingga kini kata dia belum ada pembicaraan mengenai peraturan tersebut. “Indikasinya ada mengarah kesitu (pelanggaran hukum),” tegas dia.

Seperti diketahui, Jokowi sudah akan memulai pendaftaran lelang jabatan pada 8-22 April 2013 mendatang untuk jabatan Camat dan Lurah. Bahkan, semua Camat dan Lurah juga diwajibkan untuk mengikuti program lelang jabatan tersebut. (ded/okz)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 7,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

20 Tahun Berkiprah, Kepala Daerah dari PKS Gelar Konsolidasi Nasional

Figure
Organization