Topic
Home / Pemuda / Pengetahuan / Peta Hari Libur Nasional Negara-Negara di Dunia yang Mengejutkan

Peta Hari Libur Nasional Negara-Negara di Dunia yang Mengejutkan

Peta hari libur nasional negara-negara di dunia. (Max Fisher/Washington Post)
Peta hari libur nasional negara-negara di dunia. (Max Fisher/Washington Post)

dakwatuna.com – Peta ini, terinspirasi oleh sebuah thread’ di  Reddit dengan peta yang sama, menunjukkan hari-hari nasional beberapa negara di dunia. Seperti yang Anda lihat, di dunia ini sebagian besar terbagi antara negara-negara yang merayakan hari kemerdekaan nasional dan negara-negara yang merayakan unifikasi nasional atau hari revolusi. Dan hanya dua negara tidak memiliki hari nasional formal sama sekali. Berikut ini adalah empat hal yang ditemukan menarik tentang hal ini:

1) Ya, sebagian besar dunia dibentuk oleh kolonialisme.

Sungguh ‘menakjubkan’ betapa banyak peta berwarna hijau, menunjukkan negara-negara yang merayakan hari kemerdekaan nasional setiap tahun. Tidak semua hal tersebut menandai berakhirnya kolonialisme (misalnya, di Austria hal ini menandakan penarikan militer asing setelah Perang Dunia II dan deklarasi netralitas) tetapi mayoritas negara lakukannya. Dan bahkan sejumlah negara biru, seperti Australia dan Kanada, sebenarnya produk dari kolonialisme.

Pikirkan tentang hal ini: Di sebagian besar dunia, rasa identitas nasional yang dibentuk oleh tindakan memutus rantai kolonialisme. Mungkin itu bisa memberikan kita beberapa petunjuk mengenai seringnya terjadi kepekaan dan tuduhan terhadap asing, tentang kebijakan luar negeri negara Barat yang dianggap merupakan bentuk praktek kolonial tua.

2) Sebagian besar negara-negara lainnya dibentuk oleh revolusi yang relatif baru.

Perhatikan, misalnya, hari-hari nasional Perancis dan Jerman: para pendahulu menandai revolusi Perancis, pada tahun 1789, dan yang terakhir menandai reunifikasi Jerman pada tahun 1990. Libur nasional Rusia hanya terkait ke tahun 1992, ketika Federasi Rusia didirikan. Hari nasional Afrika Selatan adalah dari pemilu demokratis pertama, pada tahun 1994. Sebagian lainnya tidak terjadi baru-baru ini, namun juga tidak begitu lama terjadi: Taiwan, misalnya, terkait dengan kebangkitan pada tahun 1911. Sedangkan Arab Saudi menandai penyatuan negara pada tahun 1932.

Sense masyarakat terhadap identitas mereka diperingati dengan peristiwa-peristiwa belakangan ini. Hal ini mengingatkan gejolak di abad terakhir – sebuah rentang waktu yang sangat singkat dalam istilah sejarah – dan seberapa dalam peristiwa tersebut mempengaruhi dunia saat ini. Hal itu juga sebagai pengingat tentang bagaimana sebenarnya bisa muncul banyak ide pada abad itu, seperti ide pembebasan dan penentuan nasib bangsa sendiri.

3) Inggris dan Denmark tidak memiliki hari nasional.

Mengutip salah satu komentar di thread Reddit, ironis bahwa kerajaan Inggris – yang secara tidak langsung bertanggung jawab atas begitu banyak hari kemerdekaan di dunia – tidak memiliki hari nasionalnya sendiri. Inggris mengembangkan institusi politiknya secara bertahap, sehingga tidak ada momen “Bastille Day” yang menandakan negara modern. Dan kerajaannya secara cukup konsisten memisahkan diri selama setengah abad terakhir ini – mungkin Skotlandia berikutnya – sehingga sepertinya tidak ada hari “unifikasi” nasional untuk dirayakan.

Adapun Denmark, memiliki hari pembebasan nasional dan beberapa masyarakatnya merayakan hari pekerja internasional, tetapi keduanya tidak menjadi hari libur umum.

4) Sisanya sedikit, namun menceritakan banyak hal tentang negara-negara tersebut.

Misalnya Bhutan, yang selalu merayakan ulang tahun pemilihan Ugyen Wangchuck pada tahun 1907 sebagai raja pertama, namun tidak merayakan kemerdekaannya yang terjadi pada tahun 1949. Di Thailand, salah satu negara yang tidak pernah dijajah secara resmi, ulang tahun raja dirayakan. Jepang secara resmi merayakan ulang tahun seorang Kaisar mitos kuno, walaupun hari libur di sana sebagian besar tidak dihiraukan, terkait dengan hubungan yang buruk dengan sejarah kekaisaran Jepang.

Portugal merayakan kematian tahun 1580 dari seorang penyair Luis de Camoes, sedangkan Spanyol merayakan hari Kolombus (Columbus Day), dan Belanda merayakan hari ulang tahun Ratu tapi tanggalnya masih menggunakan tanggal ulang tahun ibunya. Di Greenland merayakan hari terpanjang dalam satu tahun. (Washington Post/dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 5.33 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pemimpin Chechnya Tagih Janji Mo Salah Kembali Kunjungi Grozny

Figure
Organization