Topic
Home / Berita / Profil / M Sohibul Iman, Ilmuwan dan Teknolog yang Diamanahi Sebagai Wakil Ketua DPR RI

M Sohibul Iman, Ilmuwan dan Teknolog yang Diamanahi Sebagai Wakil Ketua DPR RI

M Hidayat Nur Wahid (kiri) dan M Sohibul Iman (kanan). (ist)
M Hidayat Nur Wahid (kiri) dan M Sohibul Iman (kanan). (ist)

dakwatuna.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) mengumumkan bahwa usulan mengajukan Mohamad Sohibul Iman sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) periode 2009-2014 tersisa, menggantikan Muhammad Anis Matta telah disetujui oleh Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS. Sebenarnya siapa Sohibul Iman, berikut ini adalah profil singkatnya.

Sejak tahun 2009 dia telah menjadi anggota Fraksi PKS DPR RI dari daerah pemilihan DKI 2 (Jakpus, Jaksel, LN). Saat pertama menjadi legislator langsung dipercaya sebagai Wakil Ketua Komisi XI. Setahun kemudian hingga saat ini diamanahi menjadi Wakil Ketua Fraksi PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi) dan menjadi anggota BAKN DPR RI (Badan Akuntabilitas Keuangan Negara).

Sohibul Iman hingga kini sudah berkiprah di 3 komisi yaitu Komisi XI, VII, dan VI. Tentu saja selama 3 tahun ini juga berkiprah di beberapa Panja dan Pansus, baik terkait legislasi maupun pengawasan. Selain itu di MPR RI juga diamanahi sebagai anggota Tim Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (35 orang) dan Tim Kajian Sistem Ketatanegaraan (45 orang).

Sebelum menjadi legislator, dia sudah berpengalaman dalam beragam profesi dengan spesialisasi dalam bidang Kebijakan Teknologi dan Industri (aspek makro) dan Manajemen Inovasi dan Pengetahuan (aspek mikro). Lama bekerja pada lembaga teknologi pemerintah, perguruan tinggi, dan perusahaan konsultan. Selama tugasnya sebagai PNS di Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) banyak menangani proyek-proyek penelitian terutama terkait kebijakan teknologi dan industri, selain juga terlibat pada program-program reformasi, restrukturisasi, dan revitalisasi lembaga-lembaga ini.

Di dunia akademik, selain berpengalaman sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi, juga pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina, Jakarta. Juga sebagai konsultan hak paten di Amroos Law Consultant telah banyak menangani drafting, penelusuran, dan aplikasi hak paten dari berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

Aktivitas organisasi dijalani sejak SD, SMP, dan SMA (Pramuka dan OSIS), kemudian dilanjutkan di perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar kampus. Meskipun sempat kuliah di IPB sampai tingkat 2 tapi seluruh pendidikan tinggi (S1-S3) diselesaikan di Jepang. Semua aktivitas organisasi yang dijalani hingga kini selalu dilandasi motif kuat untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan bingkai keagamaan (keislaman) yang dipadukan dengan konteks kekinian (kemodernan) dan kedisinian (keindonesiaan).

Tercatat beberapa organisasi telah dibidani dan/atau dikelola, seperti ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), Program Pembinaan SDM Strategis Nurul Fikri, HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), YIT (Yayasan Inovasi Teknologi), dan lain-lain. Selain itu juga terlibat dalam organisasi-organisasi profesi, seperti ISSS (International Society for System Sciences), JSSPRM (Japan Society for Science Policy and Research Management), IEEE (Institute of Electric and Electronics Engineers), dan lain-lain.

Ketika terjadi reformasi tahun 1998 bergabung dengan PK (Partai Keadilan) dan diamanahi sebagai Ketua Departemen IPTEK-LH DPP PK. Selanjutnya sejak tahun 2005 hingga 2010 diamanahi sebagai Ketua DPP PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi). Atas kepercayaan yang diberikan masyarakat pada Pemilu legislatif tahun 2009 terpilih sebagai anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DKI 2.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 8.17 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ustadz Yusuf Supendi Meninggal Dunia

Figure
Organization