Topic
Home / Berita / Nasional / Hermanto: Pemerintah Harus Kembangkan Teknologi Pengolahan Hasil Kelautan dan Perikanan

Hermanto: Pemerintah Harus Kembangkan Teknologi Pengolahan Hasil Kelautan dan Perikanan

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto. (padangekspres.co.id)
Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto. (padangekspres.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto dalam Rapat Kerja Komisi IV dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Senin (21/1) meminta Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengembangkan teknologi pengolahan hasil kelautan dan perikanan. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan nilai tambah komoditi kelautan dan perikanan. Kalau nilai tambah ini bisa ditingkatkan, maka kesejahteraan masyarakat nelayan dan pesisir akan dapat meningkat.

Lebih lanjut legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil Sumatera Barat ini meminta pemerintah untuk mengembangkan teknologi pengolahan hasil untuk menjawab terjadinya surplus komoditi kelautan dan perikanan seperti: garam, ikan, rumput laut dan lainnya. “Surplus hasil kelautan dan perikanan ini satu sisi kita sambut baik karena secara produksi terjadi peningkatan. Namun disisi lain, suplus ini akan mengakibatkan turunnya harga. Untuk itu, dengan adanya teknologi pengolahan hasil diharapkan kualitasnya akan semakin meningkat serta pasarnya juga akan semakin terbuka luas”, jelas Hermanto.

Sebagai gambaran produksi perikanan budidaya meningkat dibandingkan dengan produksi perikanan tangkap. Tahun 2012 diperkirakan produksi perikanan mencapai 15,26 juta ton atau 102,7% dari target rahun 2012 sebesar 14,86 juta ton. Bergitu juga dengan neraca perdagangan perikanan yang mengalami surplus USD 3,52 miliar atau 81,11% dari total transaksi perdagangan ekspor impor.

Selain itu, sejak 2012 telah terjadi swasembada garam konsumsi. Dimana target tahun 2012 sebesar 1.32 juta ton sudah terlampaui dan suplus sebanyak 1.538.616 ton. Kelebihan stok garam konsumsi ini dapat dokonversi menjadi bahan baku garam industri. Untuk itu, teknologi pengolahan hasil menjadi penting untuk dikembangkan lebih lanjut”, pungkas kandidat Doktor di Institut Pertanian Bogot (IPB) ini.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Buah Impor

Cina Masih Jadi Sumber Impor Nonmigas Pemerintah

Figure
Organization