Home / Berita / Nasional / Konferensi Fatwa Internasional Sepakat Bentuk Lembaga Fatwa Internasional

Konferensi Fatwa Internasional Sepakat Bentuk Lembaga Fatwa Internasional

Menteri Agama, Suryadharma Ali. (blogspot.com)
Menteri Agama, Suryadharma Ali. (blogspot.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Konferensi Fatwa Internasional yang digelar Liga Muslim Dunia menghasilkan 11 butir rekomendasi antara lain dibentuknya Lembaga Fatwa Internasional (LFI) yang berfungsi memberikan penjelasan terhadap munculnya fatwa.

”LFI itu memang dibutuhkan umat muslim. Untuk memberikan berbagai informasi yang terkadang membingungkan umat,” terang Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) di sela penutupan Konferensi Fatwa Internasional di Jakarta, Rabu (26/12).

Lembaga ini, kata dia, bakal lebih detil melihat beberapa persoalan yang kerap muncul, misalkan mengenai makanan, minuman, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya. Persoalan itu sering membingungkan umat dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih, persoalan yang berkaitan itu menjadi sulit pemahamannya seperti yang terjadi pada obat-obatan yang sering menggunakan bahan baku obat dari hewan tertentu. ”Pemahaman halal dan tidaknya obat itu jadi dipertanyakan. LFI inilah yang coba menjelaskan,” ungkap Ketua Umum PPP ini.

Selain pada masalah tersebut, lanjut dia, fatwa yang berskala internasional juga diperlukan untuk memberikan jawaban atas masalah produk perbankan syariah. Karena pelaku usaha perbankan merasa ada sesuatu yang positif dan negatif pada produk yang beredar saat ini.

Di Indonesia sendiri, ekonomi syariah mulai dipraktekkan oleh beberapa lembaga keuangan sejak 1998. Para petinggi negeri ini pun menyambutnya dengan baik, bahkan memfasilitasinya dengan payung hukum yaitu, Undang-Undang Perbankan Syariah pada 2008.

Adapun beberapa persoalan lain, SDA menjelaskan perlunya terus mengembangkan dialog konstruktif. Dengan menghormati para ulama, dai dan menjauhkan tuduhan kafir, fasiq, marginalisasi, dan kekerasan pada kelompok lain.

”Tidak benar kalau dakwah itu melalui kekerasan. Islam tidak mentoleransi hal seperti itu, makanya ditegakkan dalam Konferensi Fatwa Internasional ini,” ucapnya. Menariknya sekretariat LFI itu berlokasi di Indonesia. Dengan alasan peran strategisnya peran pemerintah Indonesia dalam berbagai persoalan Islam. (rko/jppn)

Advertisements

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

KTT Arab Ke-28 Digelar Hari Ini di Yordania