Topic
Home / Berita / Nasional / Konferensi Internasional tentang Fatwa Akan Digelar di Jakarta Akhir Desember

Konferensi Internasional tentang Fatwa Akan Digelar di Jakarta Akhir Desember

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Rabithah Alam Islami (The Muslim World League) akan menyelenggarakan Konferensi Internasional tentang Fatwa Tahun 2012 diselenggarakan di Jakarta, dari tanggal 24 – 26 Desember 2012.

Konferensi ini dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan ditutup oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

Sebanyak 300 peserta dari 20 negara akan membahas tema Fatwa and Social Change (Fatwa dan Perubahan Sosial). Mereka terdiri dari para menteri agama, kalangan profesional, akademisi, dan praktisi di bidang fatwa, dan praktisi media.

“Untuk mengurangi masalah keagamaan kontemporer yang status hukumnya belum didefinisikan dan dikonfirmasi, baik dalam Alquran atau sunnah diperlukan upaya merumuskan kembali hukum Islam dan itu bisa dilakukan melalui mekanisme fatwa,”ujar Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Rabu (19/12).

Kebutuhan fatwa muncul, jelasnya, ketika ada perbedaan pandangan dan kebingungan yang terkait dengan isu‐isu agama Islam. Fatwa berperan penting sebagai media mendialogkan doktrin Islam dengan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari‐hari muslim.

“Kualitas fatwa harus selalu dijaga. Dalam konteks ini, para ahli, akademisi, dan praktisi di seluruh dunia hukum Islam wajib untuk terus meningkatkan kompetensi mereka dalam memproduksi fatwa melalui pertukaran informasi mengenai metodologi dan obyek fatwa,” papar Bahrul. (Indah Wulandari/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Halal Bihalal Salimah bersama Majelis Taklim dan Aa Gym

Figure
Organization