Topic
Home / Berita / Daerah / PPP Tunggu NU Soal Cagub Jatim

PPP Tunggu NU Soal Cagub Jatim

Ilustrasi – Lambang PPP. (inet)

dakwatuna.com – Surabaya. Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Jawa Timur menunggu sikap Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim sebelum memutuskan calon gubernur yang akan diusung dalam Pilgub Jatim 2013.

“Kami akan menentukan nama calon dalam Rapim PPP se-Jatim pada pertengahan Januari mendatang, tapi kalau PWNU Jatim sudah bisa mengupayakan satu kader NU sebelum itu, maka kami akan menerimanya,” kata Ketua DPW PPP Jatim HM Musyafak Noer di Surabaya, Rabu.

Ia mengemukakan hal itu disela-sela menghadiri pembukaan Pameran Haji dan Umrah 2012 yang digelar Majalah AULA milik PWNU Jatim. Acara yang dibuka Kepala Kanwil Kemenag Jatim HM Sudjak itu dihadiri Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah.

Menurut Musyafak Noer, Rapim PPP Jatim yang digelar di Surabaya pada pertengahan Januari 2012 itu juga akan membahas parpol yang akan diajak koalisi.

“Jadi, kalau sekarang sudah beredar sejumlah nama, maka hal itu masih wacana dan manuver politik,” katanya.

Ia menilai rencana NU yang mengupayakan satu nama dari kader NU merupakan hal yang wajar, karena warga NU merupakan kelompok mayoritas di Jatim.

“Yang jelas, kalau satu nama yang muncul, tentu berpotensi menang, tapi kalau dua nama atau lebih pasti kalah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah mengaku pihaknya menerima aspirasi masyarakat agar kader NU memimpin Jatim dan meminta PWNU untuk memilih salah satu dari kader potensial NU yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul) atau Khofifah Indar Parawansa.

“Tapi, NU tidak akan memilih atau mengumumkan nama calon, karena NU tidak boleh berpolitik praktis. Politik NU adalah politik kebangsaan sesuai dengan Khittah NU 1926. Nama calon akan ditentukan tim yang melibatkan tokoh parpol berbasis Nahdliyyin dan para masyayikh (ulama senior),” katanya. (E011/S024/Ruslan Burhani/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pidatonya Dinilai Provokatif, Kapolri Akan Bertemu Ormas Islam

Figure
Organization