Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Burma Pertimbangkan Hak Rohingya

Burma Pertimbangkan Hak Rohingya

Ilustrasi – Peta Myanmar (Burma). (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Burma mengungkapkan kemungkinan memberikan hak-hak baru, termasuk kewarganegaraan, kepada warga Rohingya yang beragama Islam dan yang mengalami kekerasan komunal baru-baru ini.

Rencana itu disampaikan oleh Presiden Burma Thein Sein dalam surat kepada Sekjen PBB, Ban Ki-moon, pada Jumat (16/11).

Then Sein mengatakan pemerintah akan mengkaji berbagai persoalan “mulai dari pemukiman kembali pengungsi hingga pemberian kewarganegaraan”.

PBB mengatakan pemerintah Burma bersedia menangani masalah itu namun tidak secara khusus berjanji akan memberikan kewarganegaraan kepada warga Rohingya.

PBB memandang Rohingya sebagai salah satu kelompok minoritas yang paling banyak mengalami penyiksaan di dunia.

Namun pemerintah Burma menggolongkan mereka sebagai pendatang gelap dari negara tetangga, Bangladesh.

Dalam surat kepada PBB, Presiden Thein Sein mengecam “kekerasan tidak masuk akal” di negara bagian Rakhine antara warga Rakhine yang beragama Buddha dan Rohingya yang beragama Islam.

Dia tidak menyebut kerangka waktu penyelesaian konflik, tetapi para pengamat mengatakan langkah itu bisa dianggap sebagai hal positif di mata masyarakat internasional dan di mata Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang dijadwalkan berkunjung ke Burma pekan depan.

Negara bagian Rakhine masih tegang setelah terjerumus ke dalam dua bentrokan besar antara komunitas Buddha dan Muslim sejak Juni lalu yang menewaskan lebih dari 100 orang. Ratusan ribu orang kini tinggal di kamp-kamp sementara. (BBC Indonesia/Tribunnews)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Figure
Organization