Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Palestina Ingin Status di PBB Naik Meski Ditentang Israel dan AS

Palestina Ingin Status di PBB Naik Meski Ditentang Israel dan AS

Ilustrasi. (knrp)

dakwatuna.com – Ramallah. Para pejabat Palestina di Tepi Barat membenarkan bahwa mereka akan meminta PBB menaikkan status Palestina di organisasi dunia tersebut.

Otorita Palestina berharap status di PBB bisa dinaikkan pada akhir November ini, meski upaya tersebut ditentang oleh Israel dan Amerika Serikat.

Mohammad Shtayyah, pejabat senior Palestina, mengatakan bahwa Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan secara resmi meminta PBB menetapkan Palestina sebagai negara bukan anggota (non-member state), berdasarkan perbatasan 1967.

Presiden Abbas akan memasukkan permohonan ini selambat-lambatnya pada 29 November.

Permintaan tersebut hanya memerlukan suara mayoritas di Majelis Umum dan besar kemungkinan akan disetujui.

Shtayyah mengatakan langkah Palestina ini sudah dibahas dengan Presiden Obama melalui pembicaraan telepon dengan Presiden Abbas pada hari Minggu (11/11).

Gedung Putih mengatakan Presiden Obama menentang upaya sepihak Palestina di PBB dan hanya akan mendukung penyelesaian masalah Timur Tengah melalui perundingan secara langsung.

Menjawab reaksi AS, para pejabat Palestina mengatakan upaya di PBB bukan merupakan alternatif atas perundingan damai namun dianggap bisa memperkuat posisi Palestina dalam perundingan-perundingan mendatang.

Tahun lalu pemerintah Washington mengancam akan menggunakan hak veto di Dewan Keamanan bila Palestina mendapat status sebagai anggota penuh PBB.

Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang mewakili kepentingan Palestina di PBB, saat ini berstatus sebagai pemantau tetap.

Dengan menjadi negara bukan anggota -status yang saat ini juga dipegang oleh Vatikan- akan memungkinkan Palestina masuk menjadi anggota badan atau organisasi PBB dan Mahkamah Kejahatan Internasional. (BBC/OL-3/MICOM)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 7.67 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization