Topic
Home / Pemuda / Essay / #IndonesiaTanpaJIL (Episode ke-5): Islam Radikal? Islam Politik? Islam Fundametalis? Kok Islam Banyak Banget Yaa?

#IndonesiaTanpaJIL (Episode ke-5): Islam Radikal? Islam Politik? Islam Fundametalis? Kok Islam Banyak Banget Yaa?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (pusatbikinpin.com)

dakwatuna.com – Tanggal 30 Juli 2003, koran berbahasa Inggris, The Jakarta Post memuat berita berjudul “Prosecutors demand 7 months’ jail for militant leader”. Ditulis dalam berita itu:

“Prosecutors urged the Central Jakarta District Court on Tuesday to sentence chairman of Islam Defenders Front (FPI) Habib Rizieq Shihab to seven months in jail for ordering his followers to vandalize and raid nightclubs in the capital. Flanked by dozens of his followers, Rizieq did not react when prosecutor Hasan Basri said he deserved the punishment for allegedly urging his followers to spread haterd. Members of the “militant” group have attacked a number of entertainment venues here in the past few years.”

“Name calling”, strategi ini sering dipakai dalam teknik propaganda. Untuk mengkategorikan dan membuat berbagai istilah untuk membangun sebuah persepsi. Dan nampaknya media massa tahu betul cara tersebut begitu ampuh disusupkan ke dalam masyarakat.

Istilah-istilah inilah yang perlu kita cermati dan berhati-hati dalam menyikapinya. Salah-salah kita malah terjebak oleh kepentingan media massa. Hingga puncaknya hari ini kita temukan berbagai “jenis” Islam. Ya, kata suci nan agung bernama “Islam” dilekatkan dengan bermacam kata sifat. Mungkin unik, tetapi seharusnya kita merasa aneh.

“...Masuklah kalian ke dalam Islam secara kaffah (menyeluruh)…” (QS. Al-Baqarah: 208)

Ayat ini sudah sangat jelas, bukan? Imam Hasan Al-Banna pun memaparkan bahwa Islam itu universal, menyangkut seluruh aspek hidup dan kehidupan. Lalu mengapa harus ada berbagai macam “jenis” Islam?

Kita dapat membahas begitu banyak mengenai istilah-istilah ini dengan panjang lebar. Tentang apa itu Islam Fundamentalis? Siapa yang sebenarnya Islam Radikal? Islam Ekstremis? Islam Militan?

Insya Allah kita akan lanjutkan di episode-episode berikutnya… Allahu a’lam.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 9.33 out of 5)
Loading...

Tentang

Mahasiswa STIDA Al Manar, Utan Kayu jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Bekerja sebagai guru Bimbel bid. Matematika di Bimbingan Belajar Clever. Merangkap juga sebagai Owner SETIA Distributor (facebook.com/setiabuku dan @SAdistributor) yang menjual buku-buku, terutama yang bertema keislaman.

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization