Topic
Home / Berita / Silaturahim / Bantu Masyarakat Pulau Terluar, Rumah Zakat Turut Sukseskan Bhakesra dan Sail Morotai 2012

Bantu Masyarakat Pulau Terluar, Rumah Zakat Turut Sukseskan Bhakesra dan Sail Morotai 2012

Direktur Program Rumah Zakat, Heny Widiastuti, saat pelepasan Ekspedisi Bhakesra dan Sail Morotai 2012 di Tanjung Priok, (28/8/12). (ist)

dakwatuna.com – Kesejahteraan masyarakat yang berada di pulau-pulau terluar dan terpencil merupakan tanggungjawab pemerintah bersama segenap elemen masyarakat. Dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan mereka dan mendukung Sail Morotai 2012, Rumah Zakat turut serta menyukseskan Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara 2012 (Bhakesra) yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra).

Selain Rumah Zakat, turut berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain TNI-AL, Kementerian/Lembaga, Bank Indonesia, Perusahaan BUMN seperti Pertamina, PLN, Telkom, Pegadaian, SIKIB, dan sejumlah pihak lainnya. Adapun tujuh pulau terpencil dan terluar yang akan dikunjungi adalah Pulau Maumere, Pulau Lembata, Pulau Buru, Pulau Morotai, Pulau Marampit, Pulau Marore, dan Pulau Balabalakang.

Para peserta Ekspedisi Bhakesra yang dibagi dalam empat satuan tugas (Satgas) Sail Morotai 2012, hari ini, Selasa (28/8), dilepas oleh Menko Kesra HR. Agung Laksono didampingi beberapa menteri terkait, di Jakarta International Container Terminal II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Satgas tersebut terdiri dari Operasi Surya Bhaskara Jaya ke-61, Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara ke 3, Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari ke-3 dan Ekspedisi Riset Kelautan 2012.

Dalam sambutan, Agung Laksono mengatakan, Ekspedisi Bhakesra ke pulau-pulau terpencil dan terluar ini sangat penting, selain daerah-daerah tersebut pada umumnya masih terbelakang juga keberadaannya sangat penting dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Kegiatan yang dilakukan dalam ekspedisi ini yaitu pemberian bantuan gratis berbagai keperluan masyarakat, pasar murah, penyuluhan dan hiburan, serta penukaran uang yang sudah tidak layak pakai dengan uang yang baru. Nilai keseluruhan bantuan yang berhasil dihimpun dan akan disalurkan dalam ekspedisi sebesar Rp11 miliar,” kata Menkokesra.

Agung mengungkapkan, rencananya puncak acara Sail Morotai 2012 yang akan berlangsung 15 September 2012 di Pelabuhan Daruba, Kab Morotai, Prov. Maluku Utara, akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementera itu, Direktur Program Rumah Zakat, Heny Widiastuti, mengatakan, dalam ekspedisi ini Rumah Zakat mengutus empat orang relawan yang akan mendistribusikan 50 ribu paket kornet Superqurban; 25 ribu paket Siaga Gizi Nusantara yang terdiri dari sosis ikan, sosis ayam dan tumis jamur siap santap;  serta 250 paket Kado Lebaran Yatim yang berisi tas sekolah, pakaian anak, biskuit dan susu bubuk.

“Semoga bantuan dari para donatur Rumah Zakat ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulai-pulau terluar dan terpencil, sehingga diharapkan tingkat kesehateraan, pendidikan, dan kesehatan mereka akan meningkat,” kata Heny. (ist)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.50 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Meraih Kesuksesan Dengan Kejujuran (Refleksi Nilai Kehidupan)

Figure
Organization