Topic
Home / Berita / Nasional / Presiden Yudhoyono Bayar Zakat Rp21,8 Juta

Presiden Yudhoyono Bayar Zakat Rp21,8 Juta

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (REUTERS/Daniel Hartley-Allen/Ant)

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan zakat sebesar Rp21,8 juta melalui Badan Amil Zakat Nasional di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional, Didin Hafidhuddin setelah bertemu Presiden mengatakan, zakat itu terdiri dari zakat maal sebesar Rp20.400.000 dan zakat fitrah sebesar Rp1.400.000.

“Ini kurang lebih sama dengan tahun lalu,” kata Didin.

Tim penjemput zakat itu terdiri dari para pengurus BAZNAS. Mereka datang ke Istana dengan didampingi sejumlah para petinggi BUMN.

Sementara itu, Presiden Yudhoyono didampingi oleh Menteri Agama Suryadharma Ali, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Ketua Umum BAZNAS, Didin Hafidhuddin melaporkan, pengumpulan zakat nasional pada 2011 mencapai Rp1,73 triliun. Pengumpulan zakat pada 2011 itu meningkat 15,33 persen dibanding pengumpulan pada 2010.

Sedangkan penerima manfaat melalui program-program penyaluran dana zakat sebanyak 1,7 juta orang.

Pengumpulan dan pelaporan zakat nasional itu sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Undang-undang itu mengatur mekanisme pelaporan zakat nasional secara terintegrasi di BAZNAS.

Dalam mengelola dan menyalurkan zakat nasional, BAZNAS mendapat dukungan dari sejumlah BUMN.

BAZNAS juga akan bekerja sama dengan kementerian dan sejumlah lembaga pengelola zakat di seluruh Indonesia.

Kerja sama yang mencakup penghimpunan, pendayagunaan, dan pelaporan itu diharapkan bisa meningkatkan zakat nasional. (F008/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 8,20 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Zakat Sebagai Solusi Masa Depan BPJS Kesehatan

Figure
Organization