Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Mesir Fasilitasi Rekonsiliasi Palestina

Mesir Fasilitasi Rekonsiliasi Palestina

Presiden Mesir Muhammad Mursi bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas di Mesir. (ist)

dakwatuna.com – Presiden Mesir Muhammad Mursi secara terpisah melakukan pertemuan di Kairo dengan Presiden Palestina, Mahmud Abbas, dan Kepala Biro Politik Hamas, Khalid Misyal.

“Setelah pertemuan dengan Presiden Abbas hari ini, Rabu, 18 Juni 2012, Presiden Mursi juga bertemu pula dengan pimpinan faksi Hamas, Misyal, besok (Kamis, 19/7),” kata juru bicara Presiden Mesir, Yasser Ali, di Kairo, usai pertemuan kedua Kepala Negara, Rabu.

Menurut dia, pertemuan tersebut merupakan upaya mempersatukan barisan antara kedua faksi yang paling berpengaruh di Palestina tersebut, katanya.

Fatah pimpinan Presiden Abbas yang mengusai wilayah Tepi Barat Sungai Yordan, pecah kongsi dengan Gerakan Hamas yang mengusai Jalur Gaza sejak 2007 menyusul kemenangan Hamas dalam pemilu 2006.

“Agenda pertemuan terpisah antara Presiden Mursi dan kedua pimpinan faksi itu juga mencakup pembicaraan mengenai pembentukan pemerintah koalisi Palestina,” kata Yasser Ali.

Setelah pertemuan dengan Presiden Mursi, kedua pemimpin Palestina juga akan melakukan pertemuan bilateral untuk membicarakan pembentukan pemerintah koalisi tersebut.

Presiden Abbas yang didampingi Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al Maliki dan Ketua Juru Runding Palestina, Saeb Ereikat, tiba di Kairo pada Selasa (17/7) untuk kunjungan dua hari.

Duta Besar Palestina untuk Mesir, Barakat Al Farra mengatakan, lawatan Presiden Abbas ke Mesir tersebut selain untuk memperkuat hubungan bilateral, juga menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Dr Muhammad Mursi sebagai presiden dalam pemilu pada Juni lalu.

“Meskipun Presiden Abbas sudah menyampaikan selamat kepada Presiden Mursi lewat telepon, namun pertemuan langsung ini memiliki nilai tersendiri,” kata Dubes Barakat. (antara)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization