Topic
Home / Berita / Nasional / Jika Pemilukada Jakarta Hari ini, Hidayat-Didik Pemenangnya

Jika Pemilukada Jakarta Hari ini, Hidayat-Didik Pemenangnya

Hidayat - Didik (pks-diy.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Pasangan Hidayat Nur Wahid -Didik J. Rachbini memiliki peluang terbesar untuk memenangkan Pemilukada DKI Jakarta jika dilaksanakan hari ini.

Hasil survei terakhir yang dirilis Laboratorium FISIP Universitas Nasional bersama Madani Institute menunjukkan pasangan yang diusung PKS ini memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas) tertinggi.

“Selain terpilih sebagai yang paling populer, Hidayat-Didik juga berhasil mendapat persentase dukungan terbesar dari sisi elektabilitas,” kata Firdaus Syam, ketua Tim Peneliti UNAS-Madani Institute dalam paparan hasil survei di Blok III Kampus UNAS, Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2012).

Hasil survei UNAS-Madani Institute ini cukup berbeda dengan dua hasil survei sebelumnya yang menempatkan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di posisi teratas.

Dalam survei kali ini, Foke-Nara tidak saja berhasil dilampaui Hidayat-Didik, tapi juga oleh pasangan yang diusung PDIP-Gerindra Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama.

Pasangan Hidayat-Didik berhasil mengumpulkan 35,9 persen dukungan dari 1006 responden yang menjawabi angket yang diberikan tim survei. Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama menduduki peringkat kedua dengan 26,3 persen, unggul tipis atas pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli yang meraup 26 persen dukungan responden.

Yang mengherankan, pasangan yang diusung Partai Golkar Alex Noerdin-Nono Sampono justru terpuruk diurutan ke-5 dari enam pasangan bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Alex-Nono tertinggal jauh dari pasangan lain dari jalur parpol dengan hanya meraih 3,8 persen dukungan.

Alex-Nono bahkan berada di bawah pasangan Faisal Basri-Biem Benjamin yang mendapatkan 5,1 persen dukungan. Sedangkan yang duduk di peringkat terbawah, masih sama seperti hasil survei LSI, yakni pasangan dari jalur perseorangan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria.

Survei ini dilakukan atas responden yang bermukim di keenam wilayah provinsi DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu, dalam periode 21-28 April 2012. Semua responden adalah warga yang telah memiliki hak pilih.

Dukungan terbesar diperoleh Hidayat-Didik dari warga yang bermukim di wilayah Jakarta Barat. Selain itu, dua anggota DPR RI ini juga unggul di wilayah Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu dalam survei yang menggunakan teknik stratified random sampling ini.

Foke-Nara memperoleh dukungan yang relatif merata di tiga wilayah, yaitu Jakarta Pusat, Jaktim, dan Jaksel. Sedangkan suara dukungan bagi Jokowi datang dari wilayah Jakut.

Dari paparan awal tim survei terungkap bahwa tingkat popularitas Hidayat-Didik telah unggul tipis atas pasangan Foke-Nara. Pasangan dukungan PKS ini berada di urutan pertama dengan meraup 32,20 persen suara responden, sedangkan pasangan Foke-Nara berada di posisi kedua dengan 30,90 persen.

Urutan ketiga ditempati pasangan Jokowi-Ahok dengan 28,20 persen. Sementara itu, tiga pasangan lain tertinggal cukup jauh dengan urutan, Alex-Nono 4,40 persen, Faisal-Biem 3,70 persen, dan Hendardji-Riza 0,60 persen. (KCM/HERTANTO SOEBIJOTO)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (16 votes, average: 9,50 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Halal Bihalal Salimah bersama Majelis Taklim dan Aa Gym

Figure
Organization