Home / Berita / Nasional / Tolak Kenaikan Harga BBM dan Tawarkan Solusi, PKS Surati SBY

Tolak Kenaikan Harga BBM dan Tawarkan Solusi, PKS Surati SBY

Sekjen PKS, Anis Matta

dakwatuna.com – Jakarta. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengirim surat kepada Presiden SBY terkait rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Intinya PKS masih menolak kenaikan harga BBM.

“Kita sudah mengirim surat kepada Presiden, seharusnya sudah sampai tiga hari lalu. Intinya kita menolak kenaikan harga BBM,” kata Sekjen PKS, Anis Matta, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/3/2012).

Menurut Anis, masih ada solusi lain untuk mengatasi kenaikan harga minyak dunia selain menaikkan harga BBM. Secara fiskal, Anis menerangkan, masih memungkinkan untuk tidak menaikkan harga BBM. Syaratnya, ada keinginan dari pemerintah.

“Semua ini secara fiskal masih manageable, masih bisa diutak-atik kalau kita pengen,” jelas Anis.

Dalam suratnya ke Presiden, Anis menjelaskan, PKS menawarkan beberapa solusi menghemat anggaran pemerintah selain menaikkan harga BBM. Solusi tersebut diantaranya adalah penghematan belanja pegawai pemerintah, pemanfaatan dana sisa lebih pembiayaan (Silpa), dan efisiensi serapan anggaran.

Utamanya, masih menurut Anis, pemerintah harus menyiapkan strategi kebijakan energi yang tepat untuk menghadapi kelangkaan minyak bumi di masa depan.

Pemerintah dinilai Anis selalu terlambat bereaksi untuk menyikapi kenaikan harga minyak dunia.

“Paket kebijakan energinya harus diperbaiki dan ini yang tidak dilakukan selama 7 tahun pemerintahan SBY. Seharusnya pemerintah melakukan kebijakan yang fundamental. Misal kita tak punya strategic reserve, seperti bulog kan punya cadangan beras, minyakkan bisa dibuat begitu,” jelasnya. (trq/gun/Ahmad Toriq/DTC)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 9,89 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng