Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Agama dan Politik

Agama dan Politik

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (Eduardo Olivares, Cebas Computer GmbH)

dakwatuna.com – Seringkali orang bertanya kenapa agama dibawa-bawa dalam politik atau politik membawa-bawa agama. Dan sering timbul pertanyaan, bagaimana dapat suatu partai politik didasarkan kepada agama, seperti halnya dengan partai politik Islam, Masyumi pada era Bung Karno.

Pertanyaan itu timbul sebab seringkali orang mengartikan yang namanya agama itu hanyalah semata-mata satu sistem peribadatan antara makhluk dengan Tuhan Yang Maha Kuasa saja. Definisi ini mungkin tepat bagi bermacam-macam agama. Akan tetapi tidak tepat bagi agama yang bernama Islam yang hakikatnya lebih dari sekedar itu.

Jika kita meminjam perkataan seorang orientalis, H.A.R. Gibb, maka kita dapat simpulkan dalam sebuah kalimat, “Islam is much more than a religious system. It is a complete civilization.” Islam itu adalah lebih dari sistem peribadatan. Ia adalah satu kebudayaan yang paling lengkap sempurna!

Lebih dari itu!

Islam adalah satu falsafah hidup, satu levens-filosofie, satu ideologi, satu sistem perikehidupan untuk kemenangan manusia sekarang dan nanti.

Oleh karena itu bagi kita seorang Muslim tidak dapat melepaskan diri dari politik. Dan sebagai orang berpolitik, kita tidak dapat melepaskan diri dari ideologi kita, yakni ideologi Islam. Bagi kita, menegakkan Islam tidak dapat dilepaskan dari menegakkan masyarakat, menegakkan Negara, menegakkan kemerdekaan.

Islam dan penjajahan adalah paradox, satu pertentangan yang tak ada persesuaian di dalamnya. Dengan sendirinya seorang muslim, seorang yang berideologi Islam, tak akan dapat menerima penjajahan bagaimana pun bentuknya. Memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bagi kita, bukan semata-mata lantaran didorong oleh aspirasi nasionalisme atau kebangsaan. Akan tetapi, hakikatnya adalah karena kewajiban yang tidak dapat dielakkan oleh tiap-tiap muslim yang mukallaf.

Maka dapat dimengerti bahwa di dalam sejarah negeri kita, Indonesia, dalam menentang penjajahan dan kolonialisme, kaum muslimin dari abad ke abad tampil terdepan dengan semangat perjuangan dan pengorbanan yang menyala-nyala. Perjuangan Imam Bonjol, Diponegoro yang kesemuanya adalah pendekar muslim Indonesia, menjadi sumber inspirasi bagi bangsa kita dan keturunan selanjutnya.

Bukan kita hendak berbangga dengan jasa-jasa mereka. Kita juga tak ingin bermegah dengan perbuatan orang-orang yang telah mendahului kita. Tetapi revolusi yang meletus di tanah air kita pada tahun 1945 lalu cukup memberi ukuran bagi kita, dan umat Islam sekarang ini, sebuah pembuktian bahwa ruh Islamnya tidaklah mati. Bahkan ia adalah sumber yang tak kunjung kering, pendorong yang mahahebat dalam perjuangan menentang penjajahan apapun bentuknya. Sejarah membuktikan bahwa umat Islam Indonesia tidaklah kalah dari umat Islam di Negara lain. Ia bahu-membahu berjuang dan berjihad dalam pelbagai lapangan dengan tujuan yang satu, Allah.

“Katakanlah (Muhammad), inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada jalan Allah dengan yakin. Mahasuci Allah dan aku tidak termasuk orang-orang musyrik.” (QS. Yusuf: 108)

Taken from: M. Natsir, Februari 1950 (dengan sedikit perubahan)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 8.80 out of 5)
Loading...
Mahasiswa semester 1 di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Saat ini aktif di KAMMI dan menjadi kepala departemen Pemberdayaan Perempuan KAMMI Komisariat Madani.

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization