Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Ditutup Sayang

Ditutup Sayang

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (Danang Kawantoro)

dakwatuna.com – Fenomena wanita berjilbab bukan hal baru yang dapat ditemui di kota besar Jakarta atau kota lainnya. Maha Suci Allah yang telah menganugerahkan Hidayah kepada Hamba-hambaNya untuk menutup aurat mereka.

Namun bila diperhatikan, ada banyak kejanggalan yang terlihat dari maraknya muslimah berjilbab. Berjilbab tapi telanjang. Ya, seperti itulah yang sekarang marak terlihat di mana-mana. Mereka yang menutup rapat seluruh tubuh mereka tapi sayang untuk menutup secara benar semua lekuk tubuh mereka. Berkerudung pendek disertai dengan kaos lengan panjang yang menampakkan lekuk payudara serta bercelana jeans yang menampakkan betapa indah dan jenjangnya kaki mereka.

Wanita adalah makhluk ciptaan Allah yang indah. Setiap jengkal dari tubuh mereka bernilai keindahan. Jika dahulu, para wanita memiliki rasa malu dan takut yang teramat sangat sehingga menampakkan auratnya pun mereka enggan. Takut kepada Allah akan azab yang mereka terima jika melanggar perintah Allah dan malu jika aurat mereka terlihat oleh yang bukan muhrim.

Zaman kian bergeser, modernisasi merambah dalam setiap sendi kehidupan. Berdalih kebebasan dan hak asasi manusia, rasa malu dan takut semakin terkubur hingga tak lagi tampak oleh hati. Hal tersebut juga menandakan keberhasilan syetan dalam mengupayakan kesesatan anak manusia. Upaya syetan yang bermula dari bisikan dan keteguhan untuk membawa anak cucu Adam menjadi teman setianya di neraka jahannam.

Bisikan untuk sedikit demi sedikit mengubah cara berpakaian dari yang tertutup lalu terbuka secara terus menerus hingga keimanan menjadi goyah. Hal-hal yang sebelumnya tabu menjadi terbiasa akibat pembiasaan yang dilakukan misalnya ketika dahulu memakai pakaian mini menjadi hal yang memalukan tapi tidak dengan sekarang. Bisikan syetan yang melingkupi hati manusia untuk menghilangkan rasa malu tersebut. Bahkan pakaian yang semestinya tidak boleh ditampakkan di depan lawan jenis, kini bagaikan barang wajib yang harus ditampilkan untuk menarik perhatian kaum Adam.

Tubuh wanita menjadi sesuatu yang murah akibat perbuatan wanita itu sendiri. Na’udzubillah.

Padahal Allah SWT sebagai sebaik-baik Pencipta, telah memberikan aturan-aturan yang bertujuan untuk melindungi hamba-Nya dan senantiasa selalu berdampak manfaat. Walaupun acapkali hal tersebut tak pernah digubris dan menganggap bahwa aturan-aturan tersebut mengekang kebebasan hak mereka sebagai manusia.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59, dengan tegas Allah SWT mengingatkan kepada hambaNya:

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

Dan juga dalam Al-Qur’an surat An Nuur ayat : 31

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Kejadian-kejadian yang menimpa kaum muslimah di dunia ini adalah akibat dari kelalaian mereka dalam mengamalkan perintah Allah. Melakukan tidak sepenuh hati. Yang akhirnya banyaknya kasus pelecehan seksual dan sebagainya. Banyak yang berkerudung (disebut kudung gaul, yang berkerudung hanya sampai ke leher tapi tetap memakai baju ketat) merasa tak berdosa untuk berjalan di tempat umum sambil menggandeng pria yang bukan muhrim, melakukan aktivitas pacaran dan perbuatan buruk lainnya. Tidakkah mereka berfikir, hal tersebut justru akan menjelekkan citra jilbab. Tapi memang, sesungguhnya nafsu dapat menutup logika manusia untuk dapat berfikir mana yang haq dan mana yang bathil.

Jika kita telah menutup aurat dengan sempurna, lalu ada yang beranggapan negatif tentang kita, biarkan saja toh niat kita hanya ingin melindungi diri dan mematuhi perintah Allah SWT. Mengapa harus menunggu untuk merasa siap untuk melakukan suatu kebaikan. Mengapa harus berkata “saya mau menjilbabkan hati dahulu sebelum saya berjilbab”. Jika tidak sekarang kapan lagi taubat itu dilaksanakan. Sedangkan perbaikan itu dapat dilakukan seiring pemakaian jilbab. Dan jilbab itu sendiri adalah “rem” otomatis yang dapat kita gunakan tatkala kita berniat melakukan aktivitas yang negatif. Tentu saja jika berjilbab sebagaimana yang syari’at ajarkan. Yaitu mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan (tidak hanya sampai ke leher), tidak ketat (tidak menampakkan lekuk tubuh), tidak transparan, berbahan tebal, corak tidak berlebihan dan tidak menyerupai wanita kafir.

Wallahua’lam.

Hanya sekelumit goresan yang terlahir dari pengamatan, bukan bermaksud menganggap diri paling benar hanya ingin berbagi pemikiran dan saling mengingatkan, saya sendiri pun adalah makhluk yang tak luput dari dosa.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (34 votes, average: 9.26 out of 5)
Loading...

Tentang

Ya ALLAH, hidupkanlah aku sebagai orang yang tawadhu', wafatkanlah aku sebagai orang yang tawadhu' dan kumpulkan aku dalam kelompok orang-orang yang tawadhu'

Lihat Juga

FSLDK Jadebek Kembali Gelar Aksi Gerakan Menutup Aurat

Figure
Organization