Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Militer AS Kirim 9.000 Tentaranya ke Israel

Militer AS Kirim 9.000 Tentaranya ke Israel

Ilustrasi

dakwatuna.com – Sekitar 9.000 tentara AS akan mendarat di Israel dalam beberapa minggu ke depan. Ribuan pasukan itu diangkut dengan kapal-kapal induk, terdiri dari para pilot pesawat tempur, tim pencegat misil, pasukan marinir, teknisi dan agen-agen intelijen militer AS.

Pejabat dari angkatan udara AS Letnan Jenderal Frank Gorenc dalam kunjungannya ke Israel dua minggu lalu menyatakan, tindakan yang dilakukan AS dalam minggu-minggu ini bukan lagi untuk “latihan” tapi “pengerahan” pasukan.

AS mengerahkan pasukannya ke Israel untuk memperkuat front-nya menghadapi kemungkinan perang dengan Iran. AS akan membentuk pasukan gabungan dengan militer Israel, yang sudah disiagakan jika keluar keputusan untuk menyerang instalasi-instalasi nuklir Iran atau serangan darurat ke Iran. Untuk itu, ribuan tentara AS itu akan ditempatkan di Israel sampai akhir tahun 2012.

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak dan dua jenderal AS; Jenderal Martin Dempsey dan Letnan Jenderal Benny Gantz mengumumkan pembentukan pasukan bersama pada Kamis (5/1) malam, setelah Tehran merilis buletin tentang latihan perang angkatan lautnya di Selat Hormuz pada bulan Februari mendatang.

AS dan Israel mendapat dukung dari Menteri Pertahanan Inggris Phillip Hammond, yang menegaskan bahwa Inggris siap membantu serangan ke Iran jika Iran benar-benar menutup Selat Hormuz.

Nampaknya, AS dan sekutu-sekutunya memang berusaha mencari alasan tepat untuk menyerang Iran. Setelah pasukan AS tiba di Israel, pasukan kedua sekutu itu akan melakukan uji coba sejumlah sistem pertahanan udara mereka, yang dibuat khusus untuk mencegah serangan roket dari Suriah, Hizbullah di Libanon dan dari Hamas di Jalur Gaza. (aisyah/im/knrp)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 8,64 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization