Topic
Home / Berita / Nasional / Rapor Merah Kemenpora

Rapor Merah Kemenpora

Menpora Andi Mallarangeng (kapanlagi)

dakwatuna.com – Anggota DPR Komisi X Rohmani mengemukakan pandangannya tentang buruknya kinerja Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam kurun waktu dua tahun dipimpin oleh Menteri Andi Mallarangeng. Rohmani mengemukakan banyak alasan kenapa Kemenpora mendapat rapor merah. Pertama, masalah akuntabilitas dan integritas lembaga. Pada periode ini, terjadi korupsi di lingkungan Kemenpora, korupsi pembangunan wisma atlet. ”Hal ini menjadi cacat paling besar karena presiden sendiri telah berjanji memimpin sendiri korupsi. Ironisnya, korupsi justru terjadi di lingkungan kementerian yang dipimpin langsung orang-orang dekat presiden,” tegas Rohmani dalam siaran pers yang diterima //Republika// di Jakarta, Selasa (27/9).

Kedua, persoalan kapasitas. Menurut Rohmani, kapasitas Kemenpora dalam memimpin sangat mengecewakan. Hal ini nampak dari keterlambatan pencairan dana kegiatan SEA GAMES 2011 atau daya serap anggaran. Hingga mendekati pelaksanaan, Kemenpora belum juga bisa mencairkan dana pesta olahraga negara-negara ASEAN tersebut. ”Pelaksanaan SEA GAMES sudah jelas waktunya. ”Sayangnya, Kemenpora tidak bisa mencairkan dananya. Akibatnya, 1,2 triliiun dana pengadaan barang dan jasa SEA GAMES harus melalui penunjukan langsung. Kalau bukan karena menyelamatkan muka bangsa ini, penunjukan itu tidak bisa ditolelir,” kata Anggota Dewan dari Fraksi PKS ini.

Ketiga, kegagalan mengangkat prestasi olahraga nasional. PSSI gagal mencapai supermasi tertinggi dalam kancah sepak bola ASEAN. Kemenpora memiliki andil atas kegagalan Timnas tersebut. Belum lagi, kegagalan Kemenpora menjadi fasilitator kisruh PSSI beberapa waktu yang lalu. Keempat, Kemenpora belum memiliki grand desain pengembangan dan pemberdayaan pemuda. Hingga hari ini road map pengembangan dan pemberdayaan pemuda Indonesia belum jelas. ”Sebenarnya, dengan 4 indikator diatas saja, Kemenporan sudah bisa dikatatakan gagal menjalankan fungsinya. Masih banyak persoalan lainnya. Menurut saya, Kemenpora harus lebih serius dan melibatkan banyak pihak dalam membangun kegemilangan olahraga nasional serta dalam pemberdayaan pemuda,” papar Rohmani. (Rahmat Santosa Basarah/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kaderisasi Pemuda: Investasi Tegaknya Agama

Figure
Organization